ANALISIS STARATEGI BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN DAN LOYALITAS KONSUMEN DALAM BERLANGGANAN SURAT KABAR LAMPUNG POST

Senen Mustakim

Abstract


Informasi dan pemberitaan merupakan jendela ilmu untuk mendapatkan berbagai macam berita-berita  aktual atau terkini mengenai peristiwa penting yang terjadi di dunia untuk perlu kita ketahui lebih luas khususnya melalui surat kabar. Seiring perkembangan industri terus meningkat, termasuk industri media massa,disertai dengan teknologi pada era kebebasan pers, pertumbuhan industri media massa tidak hanya terjadi di pulau jawa tetapi juga terjadi di daerah-daerah.

Di Provinsi Lampung, perkembangan pers cukup menggembirakan, ada beberapa surat kabar yang cukup terkenal dan eksis di Lampung serta memilki jaringan group secara nasional, seperti Lampung Post (Media Group), Radar Lampung (Jawa Pos Group), Tribun Lampung (Kompas Gramedia), serta surat kabar lokal lainnya, juga sedang gencar mempromosikan diri agar mendapatkan tempat dihati masyarakat.

Walau demikian, surat kabar terus berlomba-lomba untuk mengedepankan kualitas berita dan penyajiannya agar mendapatkan prioritas  tempat di hati masyarakat,didalam merebut pangsa pasar, setiap surat kabar memperbaiki kualitas serta aktualitas beritanya.

Perkembangan media massa saat semakin cepat dan tajam akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mengharuskan industri pers terus mengoptimalkan kegiatan usahanya sebagai usaha memenangkan persaingan pasar. Hal ini selain bertujuan untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan juga sebagai upaya mendapatkan serta meningkatkan pendapatan/ keuntungan bagi perusahaan.Untuk memperoleh hal tersebut, maka perusahaan harus menciptakan permintaan terhadap produknya melalui kegiatan pemasaran.

Pemasaran yang dimaksud disini adalah kegiatan pemasaran, penetapan perencanaan diusahakan sedapat mungkin menarik minat konsumen, setelah berhasil menarik konsumen perusahaan harus mampu memberikan produk yang bermutu, harga yang lebih murah dibandingkan pesaing atau kualitas pelayanan yang terbaik. Semua itu dilakukan agar konsumen merasa puas dan akan menjadi pelanggan tetap bagi perusahaan. Pemasaran merupakan kegiatan yang penting dalam suatu organisasi, bagian pemasaran dijadikan ujung tombak yang akan langsung berhadapan dengan calon konsumen.


References


Alma, B. (2007). Manajemen pemasaran dan manajemen jasa. Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta.

Kotler, P. (2000). Marketing management: Themillennium edition. Marketing Management, 23(6), 188-193.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2002). Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Jilid 1.Edisi Bahasa Indonesia. PT. INDEKS.

-------------. (2012). Marketing Management, 13Edition. New Jersey: Prentice Hall

Putro, S. W. (2014). Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-9.

Rangkuti, F. (2006).Measuring customer satisfaction. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Singagerda, F.S,.(2004). Analisis Pengaruh Modal Kerja Terhadap Profitabilitas dan Rentabilitas Pada Koperasi Dharma Wanita Mandalika Mataram Nusa Tenggara Barat. Jurnal Manajemen Keuangan, 2(1).

Sugiyono.(2007). Metode PenelitianBisnis.Cetakan Keenambelas.Alfabeta

Tjiptono, F,.(1998). Manajemen Jasa.Edisi Kedua. Yogyakarta, Penerbit Andi.

-----------. (2004). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk portal garudaHasil gambar untuk cross refHasil gambar untuk Budapest Open Access InitiativeHasil gambar untuk open access