PENGARUH KOMUNIKASI INTERNAL DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK TERHADAP KINERJA GURU PADA SMPN 1 ABUNG TENGAH KABUPATEN LAMPUNG UTARA

. Aprianis

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi internal dan kompetensi pedagogik terhadap kinerja guru. Hipotesis pada penelitian ini adalah ada pengaruh komunikasi internal dan kompetensi pedagogik baik secara parsial maupun secara simultan terhadap kinerja guru.Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 36 guru. Teknik pengumpulan data meliputi kegiatan observasi, dokumentasi dan angket. Metode analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bantuan alat statistik SPSS versi 21.0 meliputi perhitungan uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi dan uji koefisien determinasi. Hasil pengujian hipotesis pengaruh komunikasi internal  terhadap  kinerja secara parsial menunjukkan bahwa komunikasi internal berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 50,6%. Pengujian Hipotesis secara parsial lainnya, diperoleh hasil kompetensi pedagogik berpengaruh positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 41,3%. Pengujian hipotesis secara simultan menunjukkan komunikasi internal dan kompetensi pedagogik secara bersama-sama berpengaruh secara positif terhadap kinerja dengan kontribusi sebesar 54,6%, sedangkan sisanya sebesar 45,4% merupakan variasi variabel lain yang tidak diteliti.


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Algifari, 2013, Analisis Regresi (Teori, Kasus dan Solusi), Edisi Kedua, Yogyakarta : BPFE

Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Departemen Pendidikan Nasional. 2000. Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Effendy, Onong Uchjana. 2015. Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ghozali, Imam. 2009. Statistik Nonparametrik, Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Hanafi, Abdillah. 2014. Memahami Komunikasi Antara Manusia. Usaha Nasional. Surabaya

Handoko, TH. 2014. Manajemen (Edisi Kedua dan Ketiga).Yogyakarta: BPFE (Anggota IKAPI) Gadjah Mada Press.

Jefkins, Frank. 2010. Public Relations (terjemahan). Jakarta: Penerbit Erlangga Mahmudi. 2017. Manajemen Kinerja Sektor Publik. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

Mangkuprawira S. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Mas’ud, Fuad. 2014. Survai diagnosis organisasional: konsep & aplikasi.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Mulyasa, E. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 16 Tahun 2009 Tentang jabatan Fungsional guru dan angka kreditnya

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

PPeraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Permadi D, Arifin D. 2010. The Smiling Teacher: Perubahan Motivasi dan Sikap dalam mengajar. Bandung: CV. Nuansa Aulia.

PRiyatno, Duwi. 2009. Paham Analisis Statistik Data Dengan SPSS. Yogyakarta : Mediakom

Riyadi, Heru. 2017. Pengaruh Komunikasi, Motivasi Kerja dan Kompetensi terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya pada Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Pariwisata Swasta Di Jawa Barat. Disertasi UNPAS. Bandung.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta

Singagerda, Faurani I. Santi. 2018. Pedoman Penulisan Tesis., Ujian Tesis dan Komprehensif. Program Studi Magister Manajemen. Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Bandar Lampung.

Sugiyono, 2011. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Alfa Beta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk portal garudaHasil gambar untuk cross refHasil gambar untuk Budapest Open Access InitiativeHasil gambar untuk open access