PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR KECAMATAN TANJUNG KARANG PUSAT BANDAR LAMPUNG

Veni Devialesti

Abstract


Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory yaitu model pemecahan masalah yang menguraikan masalah dan menjelaskannya berdasarkan data data yang ada. Dalam mengulas secara pendekatan teori dan angka angka yang berhubungan satu dengan lainnya. Dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dimana penjelasannya bersifat objektif dengan menjelaskan pendekatan-pendekatan yang ada. Penelitian ini menggunakan 30 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu : 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Motivasi Kerja (X1) dan Disiplin Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat. Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Motivasi Kerja (X1) terhadap kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 50,6% yang berarti Motivasi Kerja memberikan pengaruh sebesar 50,6% terhadap kinerja pegawai. Terdapat pengaruh antara disiplin kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 41,3% yang berarti bahwa disiplin kerja memberikan pengaruh sebesar 41,3% terhadap kinerja pegawai. Terdapat pengaruh antara Motivasi Kerja (X1), disiplin kerja (X2) dengan kinerja pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 54,6% yang berarti bahwa Motivasi Kerja dan disiplin kerja memberikan pengaruh sebesar 54,6% terhadap kinerja pegawai.


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktek), Rineka Cipta, Jakarta.

Abdul Hakim. 2006. Manajemen Bisnis. Rineka Cipta, Jakarta

Ambar Teguh Sulistiyani, 2009. Mewujudkan Good Governance melalui Pelayanan Publik. Gajah Mada Press : Yogyakarta.

As’ad, 2009. Definisi Motivasi. Jakarta : Bumi Aksara.

Henry Simamora, 2008. Pengertian Motivasi. BPFE : Yogyakarta.

Handoko, T. Hani, 2012. Manajemen. Edisi kedua. BPFE : Yogyakarta.

Istiyanto , 2006. Riset Sumberdaya Manusia. PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Judith Gordon (Nawawi. 2009). Pengertian Kinerja Pegawai. Bina Aksara, Jakarta

Keith Davis. 2009. Disiplin Pegawai. Jakarta : Bumi Aksara.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Andi, Yogyakarta.

Mathis, R. L., dan J.H. Jackson, 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia, buku 1 dan buku 2, Terjemahan, Salemba Empat, Jakarta.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu, 2009. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Refika Aditama, Bandung.

Moh. Nazir, (2005), Metode Penelitian, Cetakan kelima, Ghalia Indonesia. Jakarta

Nawawi, Hadari. 2009. Manajemen Sumber Data Manusia untuk Bisnis yang Kompetitif, Gajah Mada University Press. Yogyakarta.

Nitisemito, Alex S. 2007. Manajemen Personalia. Penerbit Ghalia. Cetakan Delapan. Jakarta

Rivai dan Sagala. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan Dari Teori Ke Praktik. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Robbins , 2009 Manajemen Personalia, BPFE, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk portal garudaHasil gambar untuk cross refHasil gambar untuk Budapest Open Access InitiativeHasil gambar untuk open access