PENGUJIAN REAKSI INVESTOR ATAS PEMERINGKATAN CORPORATE GOVERNANCE PERCEPTION INDEX DI PERUSAHAAN YANG LISTING DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Ade Sandra Dewi, Riski amelia

Abstract


Abstrak. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menguji  secara  empiris  pengaruh  pemeringkatan  CGPI terhadap abnormal  return dan volume perdagangan saham  di perusahaan yang listing di BEI. Penelitian ini satu variabel terikat (dependen) yaitu corporate governance perception index (CGPI) dan dua variabel bebas (independen) yaitu abnormal return dan volume perdagangan saham. Sampel penelitian adalah perusahaan-perusahaan yang masuk pemeringkatan CGPI dari  tahun  2005  sampai  tahun  2010.  Data  diolah  dengan  menggunakan  analisis  regresi berganda serta menggunakan aplikasi Software  Statistical Service Product Solution (SPSS), yang kemudian berganti nama menjadi Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  secara  statistik,  pengumuman  pemeringkatan  CGPI tidak berpengaruh terhadap abnormal return, hal ini berarti bahwa investor kurang merespon pengumuman peringkat CGPI tahun 2006-2009. Berdasarkan hasil uji statistik, pengumuman pemeringkatan CGPI tidak berpengaruh tehadap volume perdagangan saham, hal ini berarti investor kurang merespon pengumuman peringkat CGPI tahun 2006-2009. Penyebab investor kurang merespon pengumuman peringkat CGPI 2006-2010 dapat   disebabkan pada hari pengumuman ada suatu peristiwa lain yang lebih berpengaruh terhadap abnormal return dan volume perdagangan pada perusahaan yang masuk pemeringkatan CGPI tahun 2006-2010.

 

Kata Kunci :corporate governance perception index, abnormal return, volume perdagangan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk portal garudaHasil gambar untuk cross refHasil gambar untuk Budapest Open Access InitiativeHasil gambar untuk open access