PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA PADA BADAN PENGELOLAAN KEUANGAN DAN ASET DAERAH KABUPATEN PESISIR BARAT

Dharmawan Dharmawan

Abstract


 

Abstract. In producing skilled and reliable human resources, it is necessary to have a plan in determining which employees will fill existing jobs in a government agency. Success in labor procurement lies in the accuracy of the placement of employees. The type of research used in this study is an explanatory research model. This study used 35 research respondents. There are three variables in this study, namely: 2 (two) independent variables (X1 and X2) and 1 (one) dependent variable where leadership (X1) and work motivation (X2) are independent variables and job satisfaction (Y) as the dependent variable. From the results of data processing, it has been found that the answer to the hypothesis is as follows; there is a leadership influence (X1) on the effectiveness of public services (Y), with a level of influence (R-square) of 15.3%, which means motivation has an influence of 15.3% on the effectiveness of public services. There is an influence between motivation (X2) on the effectiveness of public services (Y), with a level of influence of 56.4%, which means that motivation has an effect of 56.4% on the effectiveness of public services. There is an influence between leadership (X1), motivation (X2) and the effectiveness of public services (Y), with a level of influence of 57.1%. which means that motivation and motivation have an effect of 57.1%. on the effectiveness of public services.

 

Keywords: Leadership, work motivation, job satisfaction

Abstrak.  Dalam menghasilkan sumber daya manusia yang terampil dan andal perlu adanya suatu perencanaan dalam menentukan pegawai yang akan mengisi pekerjaan yang ada dalam suatu instansi pemerintahan. Keberhasilan dalam pengadaan tenaga kerja terletak pada ketepatan dalam penempatan pegawai pegawai. Adapun jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian Explanatory. Penelitian ini menggunakan 35 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) Variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana kepemimpinani (X1) dan motivasi kerja (X2) sebagai variabel bebas dan kepuasan kerja (Y) sebagai variabel terikat.Dari hasil pengolahan data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh kepemimpinan (X1) terhadap Effektifitas pelayanan publik (Y), dengan tingkat pengaruh (R-square) sebesar 15,3% yang berarti motivasi memberikan pengaruh sebesar 15,3% terhadap Effektifitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh antara motivasi (X2) terhadap Effektifitas pelayanan publik (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 56,4% yang berarti bahwa motivasi memberikan pengaruh sebesar 56,4% terhadap Effektifitas pelayanan publik. Terdapat pengaruh antara kepemimpinan (X1), motivasi (X2) dengan Effektifitas pelayanan publik (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 57,1%. yang berarti bahwa motivasi dan motivasi memberikan pengaruh sebesar 57,1%. terhadap Effektifitas pelayanan publik.

 

Kata Kunci : Kepemimpinan, Motivasi kerja, Kepuasan kerja

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk portal garudaHasil gambar untuk cross refHasil gambar untuk Budapest Open Access InitiativeHasil gambar untuk open access