FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT NASABAH BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS) KOTABUMI KANTOR CABANG BANDAR LAMPUNG

Ani Pujiati, Mustarzain

Abstract


Abstrak. Banyak faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam mengambil sebuah keputusan untuk berhubungan dengan sebuah perbankan. Hal tersebut tentu didasari oleh minat yang terdapat pada diri seseorang. Oleh karena itu perlu mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi minat nasabah dalam berhubungan dengan sebuah bank, yang tentunya pada penelitian ini ialah Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang berperan dalam mempengaruhi minat nasabah terhadap perusahaan tersebut. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh nasabah di BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung, dengan sampel 100 responden yang merupakan nasabah perusahaan tersebut yang telah berhubungan dengan bank tersebut selama > 1 bulan dan atau yang telah melakukan transaksi > 1 kali (dalam kurun waktu < 1 bulan. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner yang berisikan analisis untuk mengetahui karakteristik nasabah dan terdapat pengukuran menggunakan skala likert. Hasil penelitian menyatakan bahwa faktor pelayanan, produk, fasilitas dan akses lokasi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap minat nasabah BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung, dan keempat faktor tersebut secara bersama-sama berpengaruh terhadap minat nasabah BPRS Kotabumi Kantor Cabang Bandar Lampung. Keempat faktor tersebut juga mempengaruhi minat nasabah sebesar 75,9%, dan sisanya 24,1% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak di teliti.

 

Kata kunci: Faktor, Minat, Nasabah, Pengaruh.


Full Text:

PDF

References


Barna, Finna Putri. 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Mega Syariah KCP Panglima Polim). Jakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hasan. 2011. Analisis Industri Perbankan Syariah Di Indonesia. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan. Vol.01, No.01.

Ibrahim, Johannes. 2004. Bank Sebagai Lembaga Internediasi Dalam Hukum Positif. Bandung: CV Utomo.

Indrawan, Rully dan Yaniawati, Raden Poppy. 2014. Metodologi Penelitian, Bandung: PT. Refika Aditama.

Kasmir. 2008. Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya. Jakarta: PT.Raja grafindo Persada.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.

Lupiyoadi, Rambat & A. Hamdani. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Moenir. 2005. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

PT. BPR Syariah Kotabumi. 2016. Gambaran Umum Perusahaan. http://bprskotabumi.co.id. Diakses pada tanggal 03 Januari 2016.

Santoso, Singgih. 2002. Statistik Parametrik. Cetakan Ketiga. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sanusi, Anwar. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Penerbit Salemba Empat.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swastha, Basu. 2002. Azas-Azas Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.

Syukron, Ali. 2013. Dinamika Perkembangan Perbankan Syariah Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Hukum Islam. Vol.03, No.02.

Wahyudi, Johan. 2010. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Preferensi Nasabah Terhadap Produk Simpanan Wadi’ah BMT NU Sejahtera semarang. Semarang: Fakultas Syari’ah. IAIN Walisongo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Hasil gambar untuk portal garudaHasil gambar untuk cross refHasil gambar untuk Budapest Open Access InitiativeHasil gambar untuk open access