Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Kualitas Layanan, Citra Organisasi, Kepuasan dan Loyalitas Anggota Credit Union Betang Asi di Kalimantan Tengah

Lelo Sintani

Abstract


Tujuan pembangunan di Indonesia adalah untuk mencapai kemakmuran dan kesejahteraan bagi masyarakat sehingga pemerintah dituntut dapat menciptakan iklim usaha yang kondusif.Agar masyarakat dapat terbebas masalah ekonomi seperti kemiskinan,pengangguran,ketidakmerataan pendapatan,produktivitas rendah hingga ekonomi biaya tinggi. Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)mempunyaiperanpentingdanstrategisdalam pembangunan ekonomi nasional dan mengatasi masalah ekonomi.Namun ada 60-70% pelaku UMKM belum memiliki akses pembiayaan perbankan. Dalam rangka mempermudah akses permodalan kepada UMKM maka Koperasi Kredit termasuk Kopdit CU Betang Asi sebagai    lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) berperan penting. Kualitas Layanan, Citra Organisasi, Kepuasan dan loyalitas pelanggan yang baik merupakan indikator bahwa organisasi tersebut berperan dalam pembangunan ekonomi. Tulisan ini  bertujuan untuk mengukur dan menganalisis pengaruh kualitas layanan, citra organisasi, kepuasan terhadap loyalitas anggota Koperasi Kredit CU Betang Asi di Kalimanatan Tengah. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan populasi seluruh anggota CU Betang Asi di Kalimanatan Tengah sebanyak 39.294 orang dengan jumlah sampel sebanyak 405 orang dengan teknik penetapan jumlah sampel 15 kali jumlah indikator.Alat analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis PLS. Hasil analisis membuktikan bahwa layanan berkualitas diukur dari dimensi bukti fisik,Keandalan, tanggapan, jaminan, dan empati, citra organisasi baik, anggota puas dan loyal dibuktikan dari nilai mean 4 keatas dari seluruh  indikator variabel. Berdasarkan hasil analisis  PLS terbukti bahwa citra organisasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota dan loyalitas anggota. Kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas anggota. Demikian juga kepuasan anggota tidak berpengaruh terhadap loyalitas anggota.


Full Text:

PDF INDONESIA

References


Alma,Buchari.(2014).ManajemenPemasarandanPemasaranJasa. Bandung:Alfabeta.Anatan, Lina. 2008. Service Excellence – Competing Through Competitiveness. Alfabeta,Bandung.

Assauri, Sofjan.(2014). Manajemen Pemasaran.Jakarta: PTRaja GrafindoPersada.

Cahyani,KomangIndahGitadanGede BayuRanatha.(2015).PengaruhKualitasLayanan Terhadap Kepuasan dan Dampaknya pada Kepercayaan Serta Loyalitas.Fakultas Ekonomidan Bisnis Universitas Udayana,Bali,Indonesia.

Devi, Ratih.,Andi SularsodanArie Subagio.(2014).PengaruhBauranPemasaranterhadap KeputusandanKepuasanNasabahdalamPengambilanKreditPT.BankRakyatIndonesia (Persero)CabangJember.ArtikelIlmiah UNEJ.

Erwina Safitri1,MintartiRahayu2,NurKhusniyahIndrawati(2014).PengaruhKualitas Pelayanan dan Citra PerusahaanTerhadapKepuasanPelanggandanLoyalitasPelangganService Center[Studi PadaPelanggan SamsungServiceCenterdi KotaMalang]

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen.Badan Penerbit Universitas

Diponegoro, Semarang.

Foster,Bob.(2010).PengaruhKinerjaBauran PemasaranJasaterhadapLoyalitasNasabah Penabung(SuatuSurvaidiBank CentralAsiaCabangSoekarno-HattaBandung).Jurnal Pendidikan Manajemen Bisnis, Vol.9No.17, pp.26-38.

Gardenia,Yulisa.(2009).PengaruhKepuasanTerhadapLoyalitasNasabahBankUniversitas

Gunadarma.

Jonathan,Sarwono.(2007).AnalisisJaluruntukRisetBisnisdenganSPSS.Andi,Yogyakarta.

Koestanto, Tri Hari. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

PelangganPadaBankJatimCabangKlampisSurabaya.JurnalIlmu&RisetManajemen

Vol.3 No. 10.

Kotler,Philip,danKevinLaneKeller.(2009). ManajemenPemasaranJilid1,edisiKetiga

Belas, (TerjemahanBobSabran, MM). Penerbit Erlangga, Jakarta.

Lupiyoadi,Rambat danHamdani. (2006).Manajemen Pemasaran Jasa.SalembaEmpat, Jakarta. Mohammad,HarunaIsa.(2015).7psMarketingMixAndRetailBankCustomerSatisfactionIn

Northeast NigeriaBritish. Journal of MarketingStudies Vol.3,No.3, pp.71-88.

Mosahab, Rahim. (2010). Service Quality, Customer Satisfaction and Loyalty: A Test of

Mediation.InternationalBusiness ResearchVol. 3, No. 4.

Nasution. (2004). Manajemen Jasa Terpadu (Total ServiceManagement). Ghalia Indonesia, Jakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT