PENGARUH PENERAPAN E-SPT, PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN KUALITAS PETUGAS PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK DI KPP PRATAMA JAKARTA PUSAT

Sudjono ., Amalia ., Ahmad Badawi Saluy

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis adanya pengaruh penerapan e-SPT, pengetahuan perpajakan dan kualitas pelayan petugas pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner yang berisi jawaban-jawaban responden. Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Pusat. Sampel yang dipilih adalah 117 responden. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana data didapatkan dari kuesioner dengan teknis Purposive Sampling. Analisis data penelitian menggunakan regresi linear berganda.Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, penelitian ini menunjukan bahwa penerapan e-SPT, pengetahuan perpajakan dan kualitas pelayanan petugas pajak secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dengan persentase R square sebesar 60,6%. Secara Parsial, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan e-SPT, pengetahuan perpajakan dan kualitas pelayanan petugas pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.

 

Kata Kunci: E-SPT, Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Petugas pajak, Kepatuhan Wajib Pajak, Wajib Pajak Orang Pribadi.


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Mardiasmo. (2011). Perpajakan. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Muarifah,Tanzilah. (2013). “Pengaruh pengetahuan pajak, kualitas pelayanan petugas pajak dan sikap wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak (Studi kasus pada wajib pajak orang pribadi yang terdapat pada KPP Pratama Semarang Selatan)”. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi-Universitas Dian Nuswantoro.

Murti, Hangga Wicaksono, Jullie J. Sondakh dan Harijanto Sabijono. (2014). “Pelayanan fiskus dan pengetahuan perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di Kota Manado”. Jurnal EMBA, Vol. 2 No. 3 September 2014, hal.389-398. ISSN: 2303- 1174. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi-Universitas Sam Ratulangi Manado.

Ongkowjoyo, Lukas. (2010). “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi dalam Membayar Pajak Penghasilan (Studipada KPP Pratama Malang Utara)”. Universitas Brawijaya: Malang

Pandan, Siti Hajar.(2014). “Pengaruh pengetahuan perpajakan, kualitas pelayanan, pemeriksaan dan kesadaran terhadap kepatuhan wajib pajak (Studi empiris terhadap karyawan Kantor Badan Pusat Statistik Jember)”.Fakultas Ekonomi Jurusan AkuntansiUniversitas Jember.

Parera, Andrea Meylita Widyasti dan Teguh Erawati. (2017). “Pengaruh kesadaran wajib pajak, sanksi perpajakan, pengetahuan perpajakan dan pelayanan fiskus terhadap kepatuhan wajib pajak bumi dan bangunan”. Jurnal Akuntansi, Vol. 5 No. 1 Juni 2017. p- ISSN: 2088-768x, e-ISSN: 2540-9646. Fakultas Ekonomi Jurusan Akuntansi-Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 181 / PMK.03/ 2007. Tentang Bentuk dan Isi Surat Pemberitahuan, serta Tata Cara Pengambilan, Pengisian, Penandatanganan, dan penyampaian Surat Pemberitahuan.http://ketentuan.pajak.go.id/index.php?r=aturan/rinci&idcrypt=oJiiop0%3D diakses pada 12 April 2019 .

Putri, Rolalita Lukmana. (2015). “Pengaruh Motivasi Membayar Pajak dan Tingkat Pendidikan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Pada Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2015”. Skripsi. Jurusan Akuntansi.

Rahayu, Siti Kurnia. (2010). PERPAJAKAN INDONESIA Konsep & Aspek Formal, Edisi Pertama. Yogyakarta: GRAHA ILMU.

Republik Indonesia. Undang-Undang Nomor 28 tahun 2007. Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Sifanuri, Hana. (2017). “Pengaruh Moderenisasi Sistem Administrasi Perpajakan, Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Perpajakan, Sanksi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus Wajib Pajak Orang Pribadi memiliki usaha yang terdaftar pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purwokerto)”. Skripsi .Fakultas Ekonomi dan Bisnis-Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Silalahi, Sixvana., Mochammad Al Musadieq dan Gunawan Eko Nurtjahjono. (2015) . “Pengaruh kualitas perpajakan terhadap kepuasan wajib pajak, kepatuhan wajib pajak dan penerimaan pajak”. Jurnal Perpajakan. Vol.1 No. 1 Januari 2015. Fakultas Ilmu Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis-Universitas Brawijaya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta.

Supadmi. (2009). Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Melalui Kualitas Pelayanan. Jurnal Akuntansi & Bisnis, Vol. 4 No. 2, hal. 1-14.

Tulenan, Rudolf A., Jullie J. Sondakh dan Sherly Pinatik. (2017). “Pengaruh kesadaran wajib pajak, kualitas pelayanan fiskus dan sanksi pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi di KPP Pratama Bitung”. Jurnal Riset Akuntansi Going Concert. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Akuntansi-Universitas Sam Ratulangi.

Undang-Undang Nomor 16 tahun 2009 Pasal 1. Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Undang-undang Nomer 16 tahun 2009 Pasal 1. Tentang Wajib Pajak.

Undang-Undang Nomor 16 tahun 2009 tentang KUP Pasal 1 angka 11 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 152/pmk.03/2009.

Zuhdi, Firdaus Aprian., Topowijono, Devi Farah Azizah. (2015). “Pengaruh Penerapan e-SPT dan Pengetahuan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Pada Pengusaha Kena Pajak yang terdaftar di KPP Pratama Singosari)”. Jurnal Perpajakan, Vol.2 No.1, hal. 1-7 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT