ANALISIS DETERMINAN FAKTOR PENYEBAB UMKM NAIK KELAS DI ERA PANDEMI COVID19

Dingot Hamonangan Ismail Sitanggang

Abstract


Peran UMKM dalam menyelamatkan ekonomi bangsa tidak dapat diragukan lagi. Dari krisis tahun 1997 dan juga saat krisis 2020 sebagai akibat dari pandemic covid 19. Dalam pandemi covid 19 cukup banyak UMKM yang bermasalah. Penelitian terhadap UMKM selama periode Covid 19 sejak Desember 2019 sampai saat ini Oktober 2020, dengan menggunakan studi pustaka menunjukkan bahwa diantara penyebab UMKM naik kelas semasa covid 19 adalah karena UMKM tersebut dengan kelincahannya menyesuaikan diri dengan tuntutan perubahan kebutuhan perilaku konsumen pada satu sisi dan pada sisi lainnya selalu melakukan inovasi produk,inovasi pelayanan sesuai persepsi konsumen seperti dengan memperbaiki kemasan,menerapkan protocol covid dalam produksi,pelayanan antara jemput, berpromosi secara online serta bersedia melakukan pembayaran ditempat(OCD).Sarandari penelitian ini adalah perlu dilakukan penelitian lebihl lanjut dengan sampel yang lebih luas dan beragam jenis usahanya.

Kata kunci:UMKMNaikKelas,Covid19,InovasiUsaha,DigitalMarketing

 


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Aknolt Kristian Pakpahan.(2020). Covid-19 DanImplikasi Bagi UsahaMikro, Kecil, Dan Menengah, JurnalIlmiahHubunganInternasional.

Brad Sugars. (2017). Jalur Cepat Menjadi Kaya – Jakarta,BIPKelompok Gramedia

DH.Ismail(2010).EtosbisnistiadamerugipetajalanmenjadipengusahasuksesdanKaya. Jakarta: Penerbit Khalifa

Dingot Hamonangan Ismail Administrasi (2016). Strategi Mewujudkan Suatu Organisasi Pembelajar, JURNALLENTERA BISNISVOL.5 NO. 1, Mei 2016 /ISSN 2252-9993

Euis Winarti, D. Purnomo, Jaenudin (2019), AnalisisFaktor-Faktor Yang Mempengaruhi Di PerkampunganIndustriKecil( PIK) Pulogadung JakartaTimur,Jurnal Lentera Bisnis DOI :10.34127/jrlab.v8i2.319,Volume8,No 2 November2019 ISSN Cetak 2252-9993, ISSN Online2598-618X

Micro MentorIndonesia(2020). Kumpulan Tips Praktis Untuk Umkm Beradaptasi Dalam Merespon Dampak Covid-19, Jakarta: Kementerian Koperasi dan UsahaKecildan Menengah, RepublikIndonesia.

Ramaditya, MuhammadEffendi, SyahrulFaruqi,Faris Darmawan, Arya(2020),Pelatihan KewirausahaanKreatif BerbasisManajemen Pemasaran Digital bagi UMKM Di Wilayah Rawamangun, Journal ofSustainable CommunityDevelopment (JSCD)

Ratna, Aulia Fahmi,Idqan Hannan, Sufrin (2020),Digital Marketing Strategyof Smalland MediumEnterprises for Snack in Bogor City. Jurnal Manajemen dan Agribisnis

Ratna Maulidiyah, Siti Saroh, Ratna Niken Hardati(2020), Pengaruh modal, sumber daya manusia, e- commerce, dan standarisasi produk terhadap dayasaing, JIAGABIVol. 9, No. 2, Agustus2020, Hal. 358-368,ISSN:2302-7150

Santoso, Didik Haryadi,Awan Editor (2020). Covid-19 Dalam Ragam Tinjauan Presfektif, MBridgePress Jl. Ringroad Utara, CondongCatur, Depok, Kabupaten Sleman, D.I. Yogyakarta

Saprianto, Febi (2020),Dilematis Umkm Di EraDigital, SCIENTIFIC JOURNALOF REFLECTION: Economic, Accounting, Management and Business, DOI: 10.37481/sjr.v3i1.122

Wilantara, Rio. F,Indrawan, Ruly(2016). Serambinews.com,://aceh.tribunnews.com/2013/03/07/pengembangan-umkms


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT