FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MANAJEMEN LABA (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2017-2019)

Yaumil Khoiriyah, Tia Putri Kartika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh manajemen pajak, beban pajak tangguhan dan penghindaran pajak terhadap manajemen laba. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017 sampai 2019. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sehingga sampel yang didapat berjumlah 62 perusahaan manufaktur. Jenis datayang digunakan adalah data sekunder dengan mengumpulkan data-data dari www.idx.co.id. Metode analisis yang digunakan adalah metode Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pajak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba sedangkan beban pajak tangguhan dan penghindaran pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.

Kata kunci: Manajemen Laba, Manajemen Pajak, Beban Pajak Tangguhan, Penghindaran Pajak


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Achyani, F., & Lestari, S. (2019). PengaruhPerencanaanPajakTerhadapManajemenLaba (StudiEmpirisPada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017). RisetAkuntansi dan Keuangan Indonesia, 4(1), 77-88.

Aditama, F., &Purwaningsih,A. (2016). Pengaruh Perencanaan Pajak Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Nonmanufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi: Volume 5, Nomor 3, Maret 2016.

Antonius, R., &Tampubolon, L. D. (2019). Analisispenghindaranpajak, bebanpajaktangguhan, dan koneksipolitikterhadapmanajemenlaba. JurnalAkuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 1(1), 39-52.

Astutik, R. E. P., &Mildawati, T. (2016). Pengaruhperencanaanpajak dan bebanpajaktangguhanterhadapmanajemenlaba. JurnalIlmu dan RisetAkuntansi (JIRA), 5(3).

Bursa Efek Indonesia. 2017 - 2019. Annual report. www.idx.co.id. Diakses pada tanggal 20 Mei 2020.

Chen, H., Tang, S., Wu, D., & Yang, D. (2015). The Political Dynamics of Corporate Tax Avoidance : The Chinese Experience , (June 2014).

Dechow, P. M., Sloan, R. G., & Sweeney, A. P. (1995). Detecting Earnings Management. Accounting review, 193-225.

Fitriany, L. C., Nasir, A., &Ilham, E. (2016). PengaruhAsetPajakTangguhan, BebanPajakTangguhan dan PerencanaanPajakterhadapManajemenLaba (StudiEmpirispada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BeiTahun 2011-2013) (Doctoral dissertation, Riau University).

Ghozali, Imam. 2016. AplikasiAnalisisMultivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakanke VIII. Semarang :BadanPenerbitUniversitasDiponegoro.

Pohan, Chairil. A. 2013. ManajemenPerpajakan. Jakarta: PT. GramediaPustakaUtama.

Scoot, W. R. 2003. Financial Accounting Theory 2nd Edition. Prentice Hall Canada, Inc. Toronto. Suandy, E. 2008. PerencanaanPajak. PenerbitSalembaEmpat. EdisiKeempat. Jakarta.

Sulistyanto, H. Sri. 2008. “ManajemenLaba, Teori dan Model Empiris. Jakarta: Grasindo.

Sumomba, C. R. 2010. PengaruhBebanPajakTangguhan dan PerencanaanPajakterhadapPraktikManajemenLabapada Perusahaan Manufaktur yang TerdaftardiBursaEfek Indonesia. Skripsi. UniversitasAtma Jaya. Yogyakarta.

Widyaningsih, A. dan C.A. Purnamawati. 2012. PengaruhBebanPajakTangguhan Dan ProfitabilitasTerhadapManajemenLaba. Prosiding Seminar Nasional Forum Bisnis&Keuangan.

Wild, John J., K. R. Subramanyam, dan Robert F. Hasley. 2005. Financial Statement Analysis (AnalisisLaporanKeuangan). Edisi 8, BukuSatu. Diterjemahkanoleh: Yanivi S. Bachtiar, S. NurwahyuHarahap. PenerbitSalembaEmpat. Jakarta.

Zain, M. 2007. ManajemenPerpajakan. PenerbitSalembaEmpat. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT