PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19

Novalia ., Adelina Anum

Abstract


Pemerintah melalui kementerian pendidikan dan kebudayaan menerbitkan surat edaran nomor 3 tahun 2020 tentang pencegahan covid-19 pada satuan pendidikan sebagai antisipasi terhadap penyebaran virus corona di sekolah maupun perguruan tinggi.  Menindaklanjuti surat edaran tersebut, perguruan tinggi meniadakan pembelajaran secara tatap muka.  Pada pembelajaran daring dosen perlu melakukan modifikasi/pengembangan bahan ajar agar mahasiswa tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi.  Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis video pada mata kuliah statistik ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung.  Penelitian dilaksanakan dari bulan juli sampai dengan bulan oktober 2020. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development).  Produk yang dikembangkan berupa media pembelajaran berbasis video pada mata kuliah statistika ekonomi.  Model penelitian pengembangan yang digunakan adalah model Plomp.  Video pembelajaran ini dinilai oleh ahli media, teman sejawat dan ahli materi serta mahasiswa.  Aspek yang dinilai sesuai dengan keahliannya masing-masing.  Setelah dialakukan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa rata-rata pilihan jawaban angket penilaian video pembelajaran oleh validator ahli dan mahasiswa yaitu 3,443 atau jika diprosentasekan 86,085% yang artinya menurut tiga validator dan mahasiswa video pembelajaran mata kuliah statistik ekonomi 2 materi pengujian hipotesis yang dibuat sangat layak digunakan sebagai salah satu alternatif dalam pembelajaran daring yang dilakukan selama masa pandemi covid-19.

 

 

Kata kunci: Video Pembelajaran,  Statistika, covid-19

 


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Adam, steffi dan Muhammad T. (2015). “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam.” CBIS Journal 3 No 2(ISSN 2337-8794):78–90.

Altiparmak, K. (2014). Impact of computer animations in cognitive learning: Differentiation. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(8), 1146–1166. Diambil dari https://eric.ed.gov/?q=Altiparmak&id=EJ1044537

Fauzan, Muhammad Aziz, and Dwi Rahdiyanta. (2017). “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Pada Teori Pemesinan Frais.” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin 2(2):82.

Kreano, Jurnal. (2017). “Desain Model Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika.” Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 3(1):59–72.

Raharjo, Raharjo. (2014). “Pengembangan Video Tutorial Pada Mata Kuliah Pengantar Statistika Pendidikan Untuk Pembelajaran E-Learning.” Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi 14(1):59–78.

Widjayanti, Wigita Rezky, Titin Masfingatin, and Reza Kusuma Setyansah. (2018). “Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Animasi Pada Materi Statistika Untuk Siswa Kelas 7 Smp.” Jurnal Pendidikan Matematika 13(1):101–12.

Widya, Tenny. (2012). “Pengembangan Media Video Pembelajaran Pertempuran Di Surabaya Untuk Siswa Kelas IX Smp Negeri 1 Kalitidu- Bojonegoro.” Jurnal Pendidikan Sejarah 1(2):1–8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT