STUDY ALIRAN DAYA (LOAD FLOW) PADA SISTEM DISTRIBUSI TENAGA LISTRIK GEDUNG PASCA SARJANA UNIVERSITAS BHAYANGKARA SURABAYA

Agus Kiswantono, Darul Ilmi Firmansyah

Abstract


 

Studi  aliran beban dimaksudkan untuk memperoleh informasi mengenai alirandaya atau tegangan pada suatu jaringan sistem tenaga listrik. Informasi ini sangat dibutuhkan untuk mengevaluasi unjuk kerja sistem tenaga. Permasalahan aliran daya mencakup perhitungan aliran dan tegangan sistem pada terminal atau bus tertentu. penelitian evaluatif dengan menggunakan metode penelitian operation research/action research, Manfaat studi aliran daya ini yaitu, untuk mengetahui tegangan pada setiap simpul yang ada pada sistem, untuk mengetahui semua peralatan apakah memenuhi batas – batas yang ditentukan untuk meyalurkan daya yang diinginkan, dan untuk memperoleh kondisi mula pada perencanaan sistem yang baru. Studi study aliran beban ini mengambil contoh pada implementasi sistem tenaga listrik di lembaga pendidikan Universitas Bhayangkara Surabaya, dengan karakteristik beban terpusat (lumped load), jaringan sistem distribusi tenaga listrik berupa jaringan radial dan sumber tegangan berasal dari saluran menengah PLN 20 kV menuju ke titik – titik beban. Dari hasil perhitungan aliran daya berbantuan program ETAP (Electrical Transient Analyzer Program) dapat disimpulkan bahwa sistem jaringan listrik sudah baik.Hasil yang diperoleh adalah Circuit breaker pada CB4 mengalami overload dan pada bus 24, bus 4 dan bus 6 mengalami undervoltage. Sedangkan aliran daya masih memenuhi standar menurut hasil Text Report pada ETAP.

 

Kata kunci :study beban, ETAP, PLN 20kV

Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Agung, H. (2009). Study Load Flow dalam Sistem Tenaga Listrik di PT. Sinar Sosro Ungaran. Skripsi. Semarang : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Asdi Mahasatya.

Dhimas, P. H. (2014). Pemanfaatan Software ETAP Power Station 7.0.0 untuk Mengstudy Aliran Daya Listrik di Gardu Induk Ungaran 150 kV. Skripsi. Semarang : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.

Ehendra’s Blog. (2010). Proteksi Pada Sistem Tenaga Listrik. Online.Tersedia di http://ehendra.wordpress.com/stl-01/ diakses [4-9-2014].

Kadir, Abdul.(2006). Distribusi dan Utilisasi Tenaga Listrik, Jakarta : UI – Press.

Prabowo, H. (2007). Study Aliran Daya di Wilayah Kerja PT PLN (Persero) UPT Semarang. Skripsi. Semarang : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.

Sigit, A. P. (2015). Study Aliran Daya (Load Flow) dalam Sistem Tenaga Listrik Menggunakan Software ETAP Power Station 7.0.0 di PT. Kota Jati Furnindo Jepara. Skripsi. Semarang : Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Semarang.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : CV. Alfabeta.

Sulasno. (1993). Study Sistem Tenaga Listrik, Semarang : Satya Wacana.

Stevenson, Jr. W. D. (1990). Study Sistem Tenaga Listrik, Jakarta : Erlangga.

Tobing, B. L. (2003). Peralatan Tegangan Tinggi, Jakarta : PT. Gramedia Pustaka.

Unggul, D. K. (2011). Simulasi Aliran Daya pada Penyulang 2 Gardu Induk Rawalo dengan Menggunakan Software ETAP 7.0. Jurnal. Semarang : Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT