REFLEKSI: PENDEKATAN UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONAL DALAM PRAKTIK MENGAJAR

Rina Wahyuni

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengajaran reflektif dapat menjadi strategi pengembangan profesional pengajaran bahasa. Praktik mengajar reflektif membantu dosen untuk merencanakan, melaksanakan dan meningkatkan kinerjanya dengan memikirkan kembali kekuatan dan kelemahannya. Populasi penelitian ini adalah seluruh dosen Jurusan Bahasa Inggris STKIP Tunas Palapa. Penelitian kualitatif dilakukan di STKIP Tunas Palapa. Kesimpulan menunjukkan bahwa refleksi merupakan salah satu alternatif untuk meningkatkan kesadaran tentang pengajaran praktik profesional, dan sebagai sarana untuk mendorong dosen membuka pikiran, memperbaharui metode dan strategi pengajaran di kelas.

 

Kata kunci: refleksi, praktik profesional mengajar, pendekatan pengajaran reflektif.

 


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Ambady KG (2018). Praktik Reflektif dalam Mengajar: Profesi dan Profesionalisme. Departemen Pendidikan, RIE-NCERT, Mysuru.

Artzt, AF, Thomas, EAF, & Curcio, RG (2015). Menjadi Guru Matematika Reflektif Edisi ke-2 Panduan untuk observasi dan penilaian diri. Lawrence Erlbaum Associates Taylor & Francis Grup 270. New York: Madison Avenue.

Bailey, KM (2012). Pedagogi Reflektif. Dalam Anne Burns & Jack C. Richards (Eds.), Panduan Cambridge untuk Pedagogi dan Praktik dalam Pengajaran Bahasa Kedua, New York: Cambridge University Press. 23–37.

Ballard, KK (2006). Menggunakan model van manens untuk menilai tingkat reflektifitas di antara guru pendidikan jasmani pra-jabatan. Ahli filosofi. Universitas Negeri Tarleton

Behzadpour, F. (2007). Mengembangkan alat ukur untuk pengajaran reflektif. (Tesis master tidak diterbitkan). Universitas Tarbiat Modares, Teheran, Iran.

DeWalt, KM, & DeWalt, BR (2002). Pengamatan partisipan: panduan bagi pekerja lapangan. Walnut Creek, CA: Alta Mira Press.

Farrell, TSC (2015). Mempromosikan refleksi guru dalam pendidikan bahasa kedua: Sebuah kerangka kerja untuk para profesional TESOL. New York, NY: Routledge.

Ferdowsi, M. & Afghari, A (2015). Pengaruh pengajaran reflektif pada kinerja guru. Jurnal Internasional Investigasi Pendidikan. 2 (6). 20-31. 2410-3446.

Gay, L. R & Peter, A. (2000). Kompetensi Riset Pendidikan untuk Analisis dan Aplikasi. Prentice-Hall, Inc.

Gheith, E., & Nahil, A (2018) Praktik pengajaran reflektif pada guru dan sikap mereka terhadap pengembangan diri profesional. Jurnal Internasional Pendidikan Progresif, 14 (3).

Goodley, C. (2018). Merefleksikan menjadi guru yang efektif di era pengukuran. Praktek Reflektif, 19 (1). 167-178.

Gross, EA (2014). Peran refleksi dalam instruksi guru ahli. Disertasi Universitas Negeri Wayne. Makalah 1073.

Harmer, J. (2007). Bagaimana Mengajar Bahasa Inggris. Cina: Pearson Education Limited.

Jay, JK (2003). Pengajaran berkualitas: Refleksi sebagai inti dari praktik. Lanham, MD: Scarecrow Press.

Mathew, P., Mathew, P., Prince, JP, (2017) Praktik Reflektif: Sarana Untuk Pengembangan Guru. Asia Pasifik Jurnal Pendidikan Kontemporer dan Teknologi Komunikasi (APJCECT). 3 (1). 2205-6181. www.apiar.org.au.

Moleong, LJ (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Olaya, MML (2018). Pengajaran reflektif: Pendekatan untuk memperkaya praktik profesional pengajaran bahasa Inggris. BAGAIMANA. 25 (2). 149-170. https://doi.org/10.19183/how.25.2.386.

Robichaux, RR & Guarino AJ (2012). Meningkatkan Profesionalisme Guru Pra-jabatan melalui Refleksi Mengajar Harian. Penelitian Pendidikan Internasional. http://dx.doi.org/10.1155/2012/452687

Rose, M. (2007). Praktisi reflektif. Pusat Eropa untuk Bahasa Modern. Diperoleh pada September 2019 dari

Shandomo, HM (2008) Peran Refleksi Kritis dalam Pendidikan Guru. Buffalo State College. Kemitraan Sekolah-Universitas Vol. 4, No. 1

Subroto, E. (2007). Pengantar Metode Penelitian Linguistik Struktural. Surakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan Universitas Sebelas Maret.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT