PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS DI ERA NEW NORMAL

Adelina Anum, Novalia .

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video pada mata kuliah bahassa inggris  di era new normal dan mengetahui kelayakan media pembelajaran video pada mata kuliah bahassa inggris  di era new normal. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development. Model pengembangan ini terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation).Penelitian ini dilakukan di Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dengan subjek penelitian yaitu mahasiswa Fakultas Hukum Semester satu. Hasil dari penelitian pengembangan ini berupa produk video pembelajaran yang telag diujikelayakannya oleh ahli media, ahli materi, peer review dan mahasiswa sebagai pengguna media tersebut. Keseluruhan hasil uji coba menunjukkan bahwa media pembelajaran ini sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris di era new normal. Rincian dari masing-masing hasil uji coba adalah a) uji ahli materi  mendapatkan hasil rerata sebesar 90% yaitu masuk dalam kategori sangat layak, b) uji ahli media mendapatkan hasil rerata 90% yaitu masuk dalam kategori sangat layak, c)uji peer review mendapatkan hasil rerata 88% dengan kategori sangat layak dan uji mahasiswa mendapatkan hasil 85% yang termasuk dalam kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kelayakan media pembelajaran tersebut dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Bahasa Inggris di era new normal.

 

Kata Kunci:media pembelajaran, video, bahasa inggris

 


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Arsyad, Lincolin. 2004. Ekonomi Pembangunan. Edisi Keempat. Yogyakarta: STIE YKPN.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Ibrahim, R dan Syaodih S, Nana. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Kurniawan. 2013 Pengaruh kompetensi pedagogik, dan kompetensi professional guru. Universitas Pendidikan Indonesia : Pustaka Belajar.

Mulyatiningsih, Endang. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta

Riyana, Cheppy. 2007. Pedoman Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPI.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R &. D.Bandung:Alfabeta.

Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D). Bandung : Alfabeta.

Sungkono.2003.Pengembangan dan Pemamfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelejaran.Yogyakarta : FIP UNY.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT