PENDAMPINGAN PERSIAPAN AKREDITASI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DAN PENDIDIKAN NON FORMAL PADA TAMAN KANAK-KAKAK TUNAS CEDIKIA GEDONG TATAAN PESAWARAN LAMPUNG

M. Fikri Akbar, Fery Hendi Jaya, Rosmaria Duwikola

Abstract


Salah satu tugas pokok dan fungsi Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Non Formal (BAN-PNF) adalah melaksanakan akreditasi terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Akreditasi adalah kegiatan penilaian kelayakan satuan beserta program PNF berdasarkan atas kriteria yang telah ditetapkan. Untuk menilai kelayakan tersebut disusun instrumen akreditasi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP) sebagaimana ditetapkan melalui Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005, yang mencakup 8 (delapan) standar, yaitu 1) Standar Kompetensi Lulusan, 2) Standar Isi, 3) Standar Proses, 4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 5) Standar Sarana dan Prasarana, 6) Standar Pengelolaan, 7) Standar Pembiayaan dan 8) Standar Penilaian Pendidikan. Khusus PAUD, Standar Kompetensi Lulusan menggunakan istilah Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan (TPP). Instrumen akreditasi digunakan untuk memeroleh data berkaitan dengan 8 (delapan) SNP yang menggambarkan kondisi PAUD secara obyektif. Untuk itu, instrumen ini harus diisi oleh pengelola PAUD atau pihak yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan PAUD. Jawaban terhadap pertanyaan/pernyataan harus sesuai dengan prosedur akreditasi PAUD yang telah ditetapkan oleh BAN-PNF.

Kata kunci: Akreditasi dan Pendidikan 


Full Text:

PDF (Indonesia)

References


Saripudin, A. (2019). Kompetensi Guru Pendamping Paud Dalam Memenuhi Standar Layanan

Paud Non Formal Di Kabupaten Tasikmalaya. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2),

-77.

Tirtayani, L. A. (2018). Upaya Pendampingan Anak Berkebutuhan Khusus Pada LembagaLembaga Paud Di Singaraja, Bali. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 12(2), 21-34.

Effawati, D. (2020). Peran Guru Pendamping Dalam Membantu Pembelajaran Paud Di Gugus

Mawar Kec. Sukaraja Kab. Seluma. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(2).

Khasanah, U., Badriyah, B., Rahardjo, S., Nurlaili, A., & Hendriyani, F. (2019). Pendampingan

Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Dengan Menggunakan Sdidtk Pada Guru Paud

Dan Tk Di Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Community Development

Journal, 3(1), 27-32.

Tedjawati, J. M. (2011). Peran Himpaudi Dalam Pengembangan Paud. Jurnal Pendidikan Dan

Kebudayaan, 17(1), 123-133.

Asmah, A., & Wijayanti, R. (2018). Pendampingan Penerapan Model Pembelajaran Sentra Di

Gugus Paud Iii Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang. Japi (Jurnal Akses

Pengabdian Indonesia), 3(1), 42-47.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT