ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA (Studi Putusan Nomor: 124/Pid.Sus/2016/PN.TJK)

Hermawan Firmasnyah TB

Abstract


ABSTRAK

 

 

ANALISIS PERTANGGUNGJAWABAN PELAKU TINDAK PIDANA NARKOTIKA

(Studi Putusan Nomor: 124/Pid.Sus/2016/PN.TJK)

 

Oleh

HERMAWAN FIRMANSYAH TB

 

Setiap narapidana yang melakukan tindak pidana narkotika di dalam Lembaga Pemasyarakatan harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum yang berlaku. Narapidana tersebut seharusnya melaksanakan peraturan dan tata tertib, tetapi jutsru kembali melakukan tindak pidana, sehingga hal ini menarik untuk diteliti. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah pertanggungjawaban pelaku tindak pidana narkotika dan apa dasar pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana penjara dan denda terhadap pelaku tindak pidana narkotika?

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dengan menggunakan data sekunder dan data primer. Data sekunder diperoleh melalui studi pustaka, kemudian data primer diperoleh melalui studi lapangan dengan wawancara. Data selanjutnya dianalisis secara kualitatif.

 

Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertanggungjawaban pidana pelaku tindak pidana terhadap pelaku tindak pidana narkotika dalam Putusan Nomor: 124/Pid.Sus/2016/PN.TJK, dilaksanakan dengan pemidanaan terhadap terdakwa T Bin A, terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana narkotika.Terdakwa telah memenuhi unsur-unsur pertanggungjawaban pidana, yaitu mampu mempertanggungjawabkan perbutannya di depan hukum, tidak ada alasan pemaaf dan alasan pembenar atas tindak pidana yang dilakukannya. Hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku tindak pidana narkotika dalam Putusan Nomor: 124/Pid.Sus/ 2016/PN.TJK memiliki dasar pertimbangan yaitu terpenuhi unsur-unsur tindak pidana sebagaimana didakwakan oleh Penuntut Umum. Penjatuhan pidana pidana penjara selama 3 (tiga) tahun dan 6 (enam) bulan, dan denda sejumlah Rp. 200.000.000,00 (dua ratus juta rupiah) dengan ketentuan apabila denda tidak dibayar maka diganti dengan penjara selama 3 (tiga) bulan. Pidana yang dijatuhkan tersebut

 


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.