ANALISIS YURIDIS PERAN DIREKSI DALAM MEWUJUDKAN TATAKELOLA YANG BAIK (GOOD COPERATE GOVERNANCE) PADA PERSEROAN TERBATAS BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NO.40 TAHUN 2007 TENTANG PERSEROAN TERBATAS

Evi Haryani, Desi Handayani

Abstract


Perseroan Terbatas merupakan salah satu Badan Usaha yang mampu menarik investor atau penanam modal untuk menanamkan modalnya, status Badan Hukum dan sebagai suatu asosiasi modal adalah daya tarik yang dimiliki oleh Perseroan Terbatas. Eksistensi Perseroan Terbatas tunduk pada Undang-Undang No.40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Dan Undang-Undang tersebut menjadi payung hukum bagi Perseroan Terbatas hingga saat ini. Pada era globalisasi ekonomi saat ini, keberadaan Perseroan Terbatas telah memberikan kontribusi paling besar bagi perekonomian nasional jika dibandingkan dengan Badan Hukum lainnya. Karena Perseroan Terbatas dalam menjalankan dan melaksanakan ke pengurusan serta kegiatan usahanya sehari-hari dipimpin oleh suatu Organ yang dinamakan Direksi. Dimana Dreksi memiliki peran sentral dalam mewujudkan tatakelola yang baik atau good corporate governance terhadap Perseroan. Secara praktis Good corporate governance (GCG) tercantum di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas yang dapat dijadikan acuan dalam menjalankan kegiatan pada suatu perusahaan dalam Perseroan Terbatas.


Keywords


Tanggungjawab Direksi, Perseroan Terbatas, Good Corporate Governance

References


Abdulkadir Muhammad, Hukum Perusahaan Indonesia, PT. Citra Aditya Bakti, Bandung, 2010.

Cristina Dwi Astuti, Fajar Eka Yuniarto, Mekanisme Corporate Governance Dalam Perusahaan Yang Mengalami Masalah Keuangan, Jurnal Informasi, Perpajakan, Akuntasi, dan Keuangan Publik, Volume 2 Nomor 2, Juli 2008.

Lukas Willian Andypratama, Ronny H. Mustamu, Penerapan Prinsip-prinsip Good Corporate Governance Pada Perusahaan Keluarga, Jurnal Agora, Volume 1 Nomor 1, Tahun 2013.

Ridwan Khairandy, Perseroan Terbatas Sebagai Badan Hukum, Jurnal Bisnis, Volume 26 Nomor 3, Tahun 2007.

Susana Iriyani, Penerapan Tatakelola Perusahaan, E-learning community, 4 April 2012.

Sekretariat Komite Kelola Perusahaan, Nominasi, dan Kompensasi, Kebijakan Tata Kelola Perusahaan Yang Baik, PT. Indo Tambangraya Megah Tbk_imtg file, Jakarta, 2009.

Tri Budiyono, Hukum Perusahaan, Griya Media, Salatiga, 2011.

Vivi Sulfianti, Mahendra Putra Kurnia, Implementasi Prinsip Good Corporate Governance (GCG) Pada PT. Pelita Jaya Prima di Tarakan, Jurnal Beraja Niti, Volume 2 Nomor 11, Tahun 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.24967/jcs.v4i1.426

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.