PENGARUH MOTIVASI DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Nuraeni, Vicram Mahza Mahardika

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi dan disiplin kerja terhadap kinerja pegawai Pada Kantor Badan Pengelola Pajak Dan Retribusi Daerah Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Penelitian ini menggunakan 33 responden penelitian. Ada tiga variabel dalam penelitian ini yaitu: 2 (dua) variabel bebas (X1 dan X2) dan 1 (satu) variabel terikat dimana Motivasi (X1) dan Disiplin Kerja (X2) sebagai variabel bebas dan Kinerja Pegawai (Y) sebagai variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data skunder. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, kepustakaan dan kepustakaan. Berdasarkan hasil analisis data telah berhasil ditemukan jawaban hipotesis yakni sebagai berikut; terdapat pengaruh Motivasi (X1) terhadap Kinerja Pegawai (Y) dengan tingkat pengaruh sebesar 41,6%. Terdapat pengaruh Disiplin Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 33,4%. Terdapat pengaruh Motivasi (X1) dan Disiplin Kerja (X2) terhadap Kinerja Pegawai (Y), dengan tingkat pengaruh sebesar 44,4%.

Kata kunci : Motivasi , Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai


References


Harlie, M. (2012). Pengaruh Disiplin Kerja, Motivasi dan Pengembangan Karier terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil pada Pemerintah Kabupaten Tabalong di Tanjung Kalimantan Selatan. Jurnal Aplikasi Manajeman, 10 No. 4(66), 8.

Mangkunegra. (2011). Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT. Remaja Rosdakarya.

Ningsih, T. (2016). Mencapai Derajat Sarjana Ekonomi. Universitas Muhamadiyah Malam, 11.

Oetama, D. S. (2016). PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA. 6.

Rivai, V., & Mulyadi, D. (2012). Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Edisi Ketiga. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Wicaksono, A., Umiati, N., & Abidin, A. Z. (2019). PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI PUSKESMAS KECAMATAN WATES KABUPATEN BLITAR. 13(5), 6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


  Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.