PENGARUH SEMANGAT KERJA TERHADAP DISIPLIN KERJA KARYAWAN PT SIGMANTARA ALFINDO DI BANDAR LAMPUNG

Husna Purnama, Abdul Naser, Iwan Zulfikar, Dodi Irawan

Abstract


Abstrak. Mengelola suatu organisasi dibutuhkan beberapa elemen, antara lain aspek wirausaha itu sendiri yang membutuhkan penanganan yang professional, apalagi suatu usaha dikelola oleh suatu Lembaga dengan menganut ketahanan ekonomi usaha, dalam hal ini biasanya sektor usaha yang dimiliki oleh swasta. Berdasarkan perhitungan persamaan regresi antara antara variabel semangat kerja terhadap disiplin kerja adalah Y= 9,075 + 0,802X, artinya setiap kenaikan satu point daripada variabel semangat Kerja akan diikuti oleh naiknya variabel Disiplin Kerja karyawan PT Sigmantara Alfindo sebesar 0,802 point. Kemudian dari hasil nilai Koefisien Determinasi = 72,1%. Disimpulkan bahwa variabel semangat kerja menjelaskan variasi perubahan terhadap variabel disiplin kerja karyawan pada PT.Sigmantara Alfindo sebesar 72,1%, sedangkan sisanya sebesar 27,9% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini. Faktor lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini menurut hemat penulis dapat dipengaruhi oleh etika, motivasi kerja, ketekunan, karir, lingkungan kerja, insentif, dan lain-lain. Sedangkan hasil uji t didapat nilai thitung = 9,367. Apabila dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 0,005 yaitu 2,70, maka thitung = 9,367 > ttabel 2,70 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesa yang menyatakan terdapat pengaruh antara variabel semangat kerja (X)  terhadap disiplin kerja (Y) karyawan pada PT Sigmantara Alfindo diterima. Jadi variabel semangat kerja (X) berpengaruh terhadap variabel disiplin kerja (Y).

Kata Kunci: Semangat Kerja dan Disiplin


References


ahiruddin, And Denis Regina Oktavicena. 2017. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Restoran Food Festival Di Bandar Lampung.” Jurnal Manajeman Mandiri Saburai 1 No. 1: 8.

Apriyani, Dwi Aliyyah. 2017. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen.” Jurnal Administrasi Bisnis (Jab) 51 No. 2: 7.

Caroko, Bayu, And Heru Susilo. 2015. “Pengaruh Pengetahuan Perpajakan, Kualitas Pelayanan Pajak Dan Sanksi Pajak Terhadap Motivasi Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Membayar Pajak.” Jurnal Perpajakan (Jejak) 1 No. 1: 10.

Eliza, Yulina. 2015. “Analisis Kepuasan Masyarakat Atas Kualitas Pelayanan Kantor Kecamatan Siberut Selatan Kabupaten Kepulauan Mentawai,” 9.

Hardiansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Kotler, Philip. 2009. Manajeman Pemasaran. Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Rezha, Fahmi, And Siti Rochmah. 2014. “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Tentang Pelayanan Perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (E-Ktp) Di Kota Depok).” Jurnal Administrasi Publik (Jap), 10.

Sinaga, Juli Omar, And Rahmat Hidayat. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pelaksanaan Program Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (Paten) Di Kecamatan Nongsa Kota Batam.” Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 8.

Sodirin, And Nurmina. 2017. “Pengaruh Kompensasi Terhadap KEPUASAN KERJA PADA DINAS SOSIAL KABUPATEN LAMPUNG BARAT.” Jurnal Manajemen Mandiri Saburai 4. No. 2.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Yuliati, Ai Lili. 2016. “Januar Efendi Panjaitan.” DeReMa Jurnal Manajemen 11 (2): 25.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


  Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.