PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BAGIAN ASPIRASI HUMAS DAN PROTOKOL SEKRETARIAT DPRD PROVINSI LAMPUNG

Tiar Mirnasari, Nia Septiana Sari

Abstract


Abstrak. Komunikasi dirasakan sangat penting dalam segala aspek kehidupan. Komunikasi mampu meningkatkan keharmonisan kerja dalam organisasi dan sebaliknya apabila komunikasi tidak efektif maka koordinasi akan terganggu dan mengakibatkan terganggunya proses pencapaian target dan tujuan dinas.Tujuan dari  penelitian  ini  adalah  Untuk  mengetahui  pengaruh  komunikasi  terhadap kinerja pegawai pada bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.Pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder.  Penelitian ini menggumakan jenis kuantitatif dengan metode analisis regresi linier sederhana.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan quisioner/ daftar pertanyaan. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden sebanyak 30 orang responden pegawai Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung. Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Nilai F hitung sebesar 51,093, kemudian nilai F tabel 3,95, ini berarti F hitung > F tabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa Komunikasi (X) berpengaruh terhadap Kinerja (Y) pada Bagian Aspirasi Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Lampung.  Persamaan  regresi adalah sebesar Y =0,598+ 0,825X, yang artinya setiap kenaikan satu point dari variabel Komunikasi akan diikuti oleh variabel Kinerja Pegawai sebesar 0,803 point. Kontribusi (R Square ) sebesar 0.645 artinya sebesar 64,50 % variasi perubahan variabel Komunikasi sedangkan sisanya dijelaskan  oleh variabel lain diluar dari variabel penelitian ini.

Kata kunci: Komunikasi, Kinerja Pegawai


References


Anoraga, P. (2010). Manajemen Bisnis, Edisi Kedua. Rineka Cipta.

Ardiansyah, D. O. (2016). PENGARUH KOMUNIKASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA. 3, 15.

Damayanti, R., Hanafi, A., & Cahyadi, A. (2018). PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN (STUDI KASUS KARYAWAN NON MEDIS RS ISLAM SITI KHADIJAH PALEMBANG). JEMBATAN, 15(2), 75–86. https://doi.org/10.29259/jmbt.v15i2.6655

Fajar. (2013). Komunikasi Politik Teori, Aplikasi dan Strategi di Indonesia. Mata Padi Pressindo.

Kurniawan, F., & Mardiana, N. (2019). PENGARUH BUDAYA KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. 5(03), 15.

Sari, R. N. I., & Hadijah, H. S. (2016). PENINGKATAN KINERJA PEGAWAI MELALUI KEPUASAN KERJA DAN DISIPLIN KERJA. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 204. https://doi.org/10.17509/jpm.v1i1.3389

Sugiyono. (2019). Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


  Creative Commons License
Jurnal Manajemen Mandiri Saburai (JMMS) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.