FUNGSI ADMINISTRASI DALAM UPAYA MENINGKATKAN EFISIENSI PELAYANAN PADA BADAN PENYELENGGARAAN JAMINAN SOSIAL KETENAGAKERJAAN CABANG BANDAR LAMPUNG

Lies Kumara Dewi

Abstract


Fungsi administrasi dalam proses pelaksanaan pekerjaan yang utama adalah harus dijalankan oleh seorang pimpinan untuk mengarahkan dan menggerakkan segala kegiatan terhadap bawahan agar dapat dihindarkan adanya pemborosan-pemborosan biaya, waktu dan sarana perlengkapan kantor. Dengan memahami fungsi administrasi tersebut maka tujuan akan dengan mudah untuk tercapai dan efektifitas pekerjaan kantor akan meningkat artinya akan sangat berpengaruh pada efisiensi tenaga, biaya dan waktu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui fungsi administrasi dalam meningkatkan efisiensi pelayanan dan mengetahui upaya-upaya peningkatan efisiensi pelayanan  pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung. Dalam penelitian  ini peneliti menggunakan tehnik pengumpulan data dengan Obervasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis  kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa fungsi administrasi dalam meningkatkan efisiensi pelayanan pada Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung sudah berjalan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku namun masih menemukan kendala diantaranya sumberdaya manusia yang kurang memadai baik kualitas maupun kuantitas dan sarana prasarana yang kurang mendukung.


Keywords


fungsi administrasi, efisiensi, pelayanan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v5i01.1135

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

Creative Commons License

Jurnal Sosial dan Humanis Sains [p-ISSN: 2548-4036, e-ISSN: 2527-4228] published by LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Office: Jl. Imam Bonjol, No. 468, Langkapura, Bandar Lampung

Website: http://www.jurnal.saburai.ac.id/index.php/jshs. email: jshs.saburai@gmail.com