SISTEM INFORMASI KOMPUTERISASI HAJI TERPADU DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN JEMAAH HAJI PADA KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN TULANG BAWANG

Neysa Amallia Amallia, Henni Kusumastuti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu dalam meningkatkan kualitas pelayanan jemaah haji pada Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Subjek dan sumber informasi dalam penelitian ini adalah pegawai Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang dan masyarakat yang sudah berangkat dan kembali dengan menggunakan Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu Pada Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang berbasis konektivitas secara online dapat menyediakan informasi yang real time serta mencakup dukungan terhadap seluruh prosesi pelayanan jemaah Haji mulai dari pendaftaran calon jamaah haji, pemrosesan dokumen haji, persiapan keberangkatan (Embarkasi), monitoring operasional di tanah suci sampai pada proses kepulangan ke tanah air (debarkasi). Kualitas Pelayanan Jemaah Haji Pada Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang, masih sering terkendala dari segi penyimpanan data, bandwidth atau kapasistas yang terlalu kecil, minimnya sumber daya manusia yang berkompeten di bidang informasi dan pengelolaan komputer dan belum terbentuknya acuan Standar Operasional Prosedur (SOP) khusus Sistem Informasi Komputerisasi Haji Terpadu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tulang Bawang.


Keywords


sistem informasi komputerisasi, kualitas pelayanan.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v5i01.1136

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

   

Creative Commons License

Jurnal Sosial dan Humanis Sains [p-ISSN: 2548-4036, e-ISSN: 2527-4228] published by LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Office: Jl. Imam Bonjol, No. 468, Langkapura, Bandar Lampung

Website: http://www.jurnal.saburai.ac.id/index.php/jshs. email: jshs.saburai@gmail.com