ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MAHASISWA PADA FISIPOL UNIVERSITAS SABURAI BANDAR LAMPUNG

Lies Kumara Dewi

Abstract


Dalam era globalisasi, isu pelayanan publik merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan organisasi baik negeri maupun swasta. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.  Penelitian ini bertujuan  1) Untuk menganalisis kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol)  Universitas Saburai. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam memberikan pelayanankepada mahasiswa.  Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan harapan dapat menggali dan mengumpulkan data secara mendalam untuk memperoleh data utama yang dilakukan menggunakan wawancara langsung dengan informan.

            Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif yaitu memberikan penjabaran terhadap hasil jawaban dari informan dengan uraian kalimat tentang kinerja pegawai dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa pada Fisipol Universitas Saburai Bandar Lampung.

                Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa pegawai Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai  telah siap untuk menghadapi era globalisasi, hal ini terlihat pada tercapainya secara optimal dari tiga aspek substansi sebagai indikator kesiapan kinerja pegawai. Kinerja pegawai sudah baik dimana hal ini ditunjukkan dengan adanya komitmen dan kesungguhan pegawai dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa. Serta responsibilitas pegawai  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai juga sudah baik dimana hal ini dapat dilihat dari kemampuan pegawai, sikap, dan kedisiplinan yang di tunjukkan kepada mahasiswa.

Dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa Pegawai pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sudah memberikan pelayanan yang cepat dan tepat. Dalam arti apa yang diberikan atau dilakukan benar-benar sudah  sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh mahasiswa,  yaitu memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan ramah. Selain dari itu dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa dalam memberikan  pelayanan kepada mahasiswa pegawai Fisipol Universitas Saburai dilakukan dengan sopan dan berpedoman pada etika profesi.

 kata kunci : kinerja pegawai, pelayanan


Full Text:

PDF

References


Agus Dwiyanto, 1995, Kriteria Pelayanan. Gramedia Jakarta.

Arif Rahman, 2003. Sistem Manajemen Kinerja. PT Erlangga, Jakarta

Brata, 2003. Pembangunan Manusia dan Kinerja PT Gramedia Indonesia,Jakarta’

Chaerul, 2002, Mahasiswa Dalam Anggota Masyarakat, Gunung Agung, Jakarta.

Dessler, 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia PT Prasetya Mulya, Jakarta

Faisal Tamin, 2003, Standarisasi Pelayanan. Rhineka Cipta Bandung.

Gibson, 2013. Perilaku Manajemen Organisasi, Erlangga Jakarta.

Jones, 2012. Kinerja Pegawai. Mandar Madju, Jakarta.

Joko Wiyono, 1999, Pengertian Pelayanan. Mandar Maju, Bandung.

Knopfemacher, dalam Sarwono, 2001, Intelegensi, Citra Aditya Bhakti, Jakarta.

Moenir, 2002, Faktor Faktor Pelayanan Administrasi. Ghalia Indonesia, Jakarta

Prawirosentono, 2012. Bahasa Komprehensif Strategi Pengambilan Keputusan, Bumi Aksara, Jakarta.

Rivai, 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya

Sarwono, 2001, Mahasiswa dan Masyarakat. Bumi Aksara, Jakarta.

Sedarmayanti, 2000. Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju Jakarta.

Susanto, Rahmawati, 2006, Mahasiswa dan Permasalahannya. Rhieka Cipta, Bandung.

Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Panduan Umum Universitas Saburai ( 2008 : 5)

Peraturan Pemerintah No: 30 th 1990 tentang pengertian Mahasiswa.

Intruksi Presiden No : 1 tahun 1985 Tentang perbaikan dan Peningkatan Mutu Pelayanan Pegawai Pemerintah Kepada Masyarakat.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License

All publications by JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS [p-ISSN: 2548-4036, e-ISSN: 2527-4228] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.