PARTISIPASI PEREMPUAN DALAM PERUMUSAN KEBIJAKAN PEMBANGUNAN DALAM BIDANG EKONOMI DI KELEMBAGAAN DAERAH KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Herlintati Herlintati

Abstract


Pembangunan ekonomi daerah merupakan perubahan ke arah yang lebih baik bidang ekonomi yang mencakup pembentukan institusi-institusi baru, pembangunan industri-industri alternatif, perbaikan kapasitas tenaga kerja yang ada untuk menghasilkan produk dan jasa yang lebih baik, identifikasi pasar-pasar baru, alih ilmu pengetahuan, dan pengembangan dunia usaha baru dalam rangka meningkat ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui partisipasi dan pern perempuan dalam perumusan kebijakan  dan mengetahui partisipasi  perempuan dalam perumusan kebijakan pembangunan ekonomi.

Penelitian ini dilakukan di kelembagaan daerah Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian dilakukan dengan metode survey dengan metode pengumpulan data melalui teknik wawancara terhadap subyek informasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan dan partisipasi perempuan pada posisi pimpinan yang menentukan kebijakan/keputusan rencana pembangunan ekonomi di kelembagaan daerah masih relatif lemah, Kurangnya akses keterlibatan perempuan dalam perumusan program disebabkan oleh faktor komposisi perempuan pada tingkat jabatan struktural yang ada di kelembagaan, kurangnya pengetahuan, pengalaman dan kemampuan perempuan dalam akses perumusan program, penetapan program dan pelaksanaan program pembanunan ekonomi di kelembagaan daerah Kabupaten Lampung Tengah. Kemampuan dan pertisipasi perempuan dalam merespon usulan masyarakat dalam pembangunan ekonomi pada kelembagaan daerah di Kabupaten Lampung Tengah masih relatif terbatas. Kemampuan perempuan dalam menanggapi usulan bawahan mengenai program dan anggaran pembiayaan dalam pembangunan ekonomi di kelembagaan relatif masih lemah. Masih rendahnya komposisi kaum perempuan  pada jabatan struktural di kelembagaan daerah ternyata membatasi akses kemampuan, kewenangan dan kekuasaan perempuan untuk mempengaruhi keputusan dalam perumusan kebijakan yang diusulkan. Kemampuan kaum perempuan untuk mempertahankan dan memperjuangkan program yang diusulkan masih lemah atau belum optimal. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa partisipasi perempuan dalam perumusan kebijakan ekonomi di kelembagaan daerah Kabupaten Lampung Tengah masih rendah.

 Kata Kunci:  Partisipasi Perempuan, Perumusan Kebijakan, Pembangunan  Ekonomi.


Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung., 2007, Statistik Jender dan Analisis Provinsi Lampung Tahun 2006: Lampung.

Cholil Abdullah., 2000, Isu Gender dalam Pembangunan di Indonesia ( Buku Fakta; Kantor Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan RI dan united Nation Population Fund (UNFPA):Jakarta.

Corner, L. (1997). "Rural development and Poverty Alleviation in ASEAN, a Gender, diterjemahkan oleh Sutopo Bahri: Jakarta.

Entis dkk., 1999, Metodologi Penelitian, Unsri:Palembang.

Hardjito Notopuro., 1979, Peranan Wanita dalam Masa Pembangunan di Indonesia, Ghalia Indonesia:Jakarta.

Instruksi Presiden RI., 1995, Tentang Peningkatan Peranan Wanita dalam Pembangunan Didaerah:Jakarta.

Ihromi., 1994, Peranan dan Kedudukan Wanita Indonesia, Gajah Mada Universitas Press:Yogyakarta.

Koentjaraningrat., 1993, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Gramedia:Jakarta.

Liza Hadiz., 2004, Perempuan Dalam Wacana Politik Orde Baru, LP3ES: Jakarta.

Mansour Fakih., 2003, Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Pustaka Pelajar: Yogyakarta.

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2008, Tentang Pedoman Umum Pelaksanaan Pengarusutamaan Gender Di Daerah: Jakarta.

Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun Tahunn 2011, Tentang Pengarustamaan Gender Dalam Pembangunan Daerah: Lampung.

Sa’id Al-Afghani., 2001, Pimpinan Wanita Di Kancah Politik, Pustaka Pelajar LP2EF: Surabaya.

Singarimbun dan Effendi., 2003, Metode Penelitian Survei; LP3ES:Yogyakarta.

Sutrisno Hadi., 1986, Metodologi Research. Penerbit Fakultas Psykologi UGM:Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License

All publications by JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS [p-ISSN: 2548-4036, e-ISSN: 2527-4228] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.