PENGARUH PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU TERHADAP EFEKTIVITAS KOMUNIKASI MAHASISWA FISIPOL UNIVERSITAS SABURAI

Muhammad Fikri Akbar

Abstract


Membentuk budaya unggul di lingkungan Universitas Saburai , merupakan suatu kemutlakan untuk mempertahankan eksistensi dan kemajuan-kemajuan di kemudian hari. Komunikasi untuk dapat dikatakan efektif jika dapat menimbulkan dampak yaitu: (a) kognitif, yakni meningkatnya pengetahuan komunikan; (b) Afektif, yaitu perubahan pandangan komunikan, karena hatinya tergerak akibat komunikasi; dan (c) Behavioral yaitu perubahan perilaku atau tindakan yang terjadi pada komunikan.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan analisis tabel sedangkan analisis kuantitatif dilakukan berdasarkan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada responden, kemudian hasil jawaban responden dihitung dengan rumus regresi linear berganda.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui bahwa pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi Fisipol Universitas Saburai. Sikap  berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi mahasiswa Fisipol Universitas Saburai. Perilaku berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi mahasiswa Fisipol  Universitas Saburai.

Pengetahuan, sikap dan perilaku berpengaruh signifikan terhadap efektivitas komunikasi mahasiswa Fisipol Universitas Saburai. Besarnya pengaruh tersebut menunjukkan bahwa kontribusi variabel pengetahuan, sikap dan perilaku terhadap efektivitas komunikasi adalah positif artinya jika pengetahuan, sikap dan perilaku ditingkatkan menjadi semakin baik maka akan meningkatkan efektivitas komunikasi dan sebaliknya jika terjadi penurunan faktor pengetahuan, sikap dan perilaku maka akan terjadi penurunan efektivitas komunikasi mahaswa Fisipol  Universitas Saburai.

kata kunci: pengetahuan, sikap, perilaku, efektivitas komunikasi

Full Text:

PDF

References


Azwar Saefuddin, 2007, Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya, adisi 2, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Arikunto Suharsimi, 1998, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi IV, Jakarta: Bina Aksara.Effendy Onong Uchjana, 1979, Komunikasi dan Modernisasi, Bandung: Alumni.

Dayakisni T, Hudaniah, 2003, Psikologi sosial, Malang: Universitas Muhammadiyah.

Effendi S, Singarimbun, 2006, Metoda Penelitian Survei, Edisi Revisi, Jakarta: LP3ES.

Hidayat Aimul, Aziz A, 2003, Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisis Data, Jakarta: Selemba Medika.

Notoatmodjo Soekidjo, 2003, Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan, Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Notoatmodjo Soekidjo, 2005, Metodelogi Penelitian Kesehatan Edisi Revisi, Yogyakarta: PT. Rineka Cipta.

Robbins SP, 2002, Prinsip-prinsip Perilaku Organisasi, Alih bahasa Halida, Jakarta: Erlangga.

Sugandha D, 1988, Administrasi Strategi, Taktik dan Efisiensi, Jakarta: Ghalia.

Sugiyono, 2009, Statistik Untuk Penelitian, Cetakan 4, Bandung : Alfabeta.

Tubbs SL, Moss S, 2000, Human Communication. Prinsip-prinsip Dasar, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Vardiansyah D, 2004, Pengantar ilmu komunikasi: pendekatan taksonomi konseptual, Bogor: Ghalia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License

All publications by JURNAL SOSIAL DAN HUMANIS SAINS [p-ISSN: 2548-4036, e-ISSN: 2527-4228] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.