IMPLEMENTASI KEBIJAKAN TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DI UNIT PELAKSANA TEKNIS PUSAT PELAYANAN TERPADU PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN ANAK KOTA BANDUNG

Yeti Rohayati, Entin Kartini

Abstract


Penelitian ini adalah tentang bagaimana implementasi kebijakan perlindungan anak yang diterapkan oleh UPT P2TP2A Bandung, dan meneliti kendala dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala implementasi perlindungan anak. Tujuannya adalah untuk mengetahui, menggambarkan, menganalisis implementasi, hambatan dan upaya untuk menyelesaikan hambatan terkait implementasi kebijakan perlindungan anak. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi, studi dokumentasi, dan daftar pustaka. Hasil penelitian menemukan bahwa penerapan kebijakan perlindungan anak di UPT P2TP2A Bandung belum optimal, meskipun pada kenyataannya semua kasus dari korban yang dilaporkan ke UPT P2TP2A dapat diselesaikan sesuai prosedur perlindungan anak, tetapi masih membutuhkan stabilisasi kinerja. Untuk mengoptimalkan pelaksanaan proses peradilan anak baik kepada anak sebagai korban atau sebagai pelaku, harus sesuai dengan sistem peradilan pidana, untuk efisiensi waktu dan percepatan layanan harus dibuat layanan satu pintu.


Keywords


implementasi; kebijakan; perlindungan anak

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v4i01.431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Sosial dan Humanis Sains [p-ISSN: 2548-4036, e-ISSN: 2527-4228] published by LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Office: Jl. Imam Bojol, No. 468, Langkapura, Bandar Lampung

 Website: http://www.jurnal.saburai.ac.id/index.php/jshs. email: ..........