KINERJA PEMBANTU BENDAHARA PENGELUARAN DALAM PROSES PENATAUSAHAAN KEUANGAN PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) PROVINSI LAMPUNG

Nurhadiansyah Nurhadiansyah, Nelson Nelson

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja pembantu bendahara pengeluaran dalam hal permintaan dana sampai dengan pengarsipan Surat pertanggungjawaban (SPJ) di Sekretariat DPRD Provinsi Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah  penelitian deskritif kualitatif.  Berdasarkan penelitian yang dilakukan didapatkan hasil bahwa lamanya penerbitan Surat Penyediaan Dana oleh Pejabat Pengelolaan  Keuangan  Daerah yang bertindak sebagai Bendahara Umum Daerah (BUD) serta pertanggungjawaban dari masing- masing Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) tidak tepat pada waktu dikarenakan tidak lengkapnya dokumen kontrak, tidak adanya laporan nihil tahunan pajak dari pihak ketiga, tidak sesuainya jadwal kebutuhan anggaran yang telah di tetapkan pada Anggaran Kas. Pertanggungjawaban masing-masing PPTK tidak tepat waktu dikarenakan masih adanya kesalahan penulisan huruf pada nama pejabat, kesalahan penomoran dan kesalahan penulisan huruf terbilang nominal uang. Tidak adanya uraian rincian spesifikasi atau merk barang/jasa yang akan dibeli pada DPA-OPD disebabkan oleh pada saat pengentrian program/kegiatan belanja masing-masing PPTK pada  aplikasi  e-RDPA  sangatlah  mendesak,  sedangkan  banyaknya  belanja  kegiatan yang diusulkan maka PPTK seningkali lalai dalam penginputan spesifikasi, merk, volume dan satuan barang/jasa.


Keywords


kinerja, penatausahaan, keuangan

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24967/jshs.v4i2.559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Jurnal Sosial dan Humanis Sains [p-ISSN: 2548-4036, e-ISSN: 2527-4228] published by LPPM Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai.

Office: Jl. Imam Bojol, No. 468, Langkapura, Bandar Lampung

 Website: http://www.jurnal.saburai.ac.id/index.php/jshs. email: ..........