ANALISIS PROMOSI KREDIT PRODUKTIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH DI PT. BANK LAMPUNG KANTOR CABANG UTAMA

Nelson Nelson

Abstract


Masalah yang dihadapi adalah promosi produk kredit produktif masih dapat dikatakan kurang maksimal, sehingga berdampak sulitnya menarik masyarakat untuk menjadi nasabah di PT Bank Lampung, dan terdapat ketidakstabilan kenaikan jumlah nasabah baru pada pembiayaan kredit produktif, serta terjadi stagnansi bahkan penurunan dalam peningkatan jumlah nasabah baru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh promosi kredit produktif yang dilakukan terkait penjualan produk pembiayaan (kredit produktif) di PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama), terhadap meningkatkan jumlah nasabah. Hipotesis yang diajukan adalah: “Terdapat pengaruh promosi kredit produktif terhadap peningkatan jumlah nasabah di PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama).” Objek penelitian adalah PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama), yang berada di Jl. Wolter Mongonsidi, No.182, Teluk Betung Utara, Bandar Lampung, dan telah melakukan promosi dalam memperkenalkan produk-produk atau jasa keuangan yang ditawarkan kepada masyarakat, terutama produk kredit produktif, dengan harapan akan berdampak pada peningkatan jumlah nasabah. Pengumpulan data dilakukan dengan tekhnik kuesioner dengan jumlah responden berjumlah 36 orang, selanjutnya data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : Hasil uji regresi linier sederhana menyatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel promosi (X) terhadap variabel nasabah (Y), diketahui nilai t hitung sebesar 3,090 dan nilai t tabel sebesar 1,691, yang artinya nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel, atau dengan kata lain nilai thitung 3,090 > ttabel 1,691. Kemudian didapat nilai korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,468, dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R square) sebesar 0,219, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (promosi) terhadap variabel terikat (nasabah) adalah sebesar 21,9%. Berdasarkan nilai uji t tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan mengenai pengaruh promosi terhadap peningkatan jumlah nasabah di PT. Bank Lampung (Kantor Cabang Utama) dapat diterima.


Keywords


promosi, jumlah nasabah

Full Text:

PDF

References


Akbar, A., Wahab, Z., Widad, A., & Ak, S. (2019). ANALISIS PENGARUH PROMOSI PENJUALAN DAN PERIKLANAN TERHADAP PEMAKAIAN KARTU KREDIT BANK MANDIRI DI KOTA PALEMBANG. JURNAL MANAJEMEN DAN BISNIS SRIWIJAYA, 17(1), 17–30. https://doi.org/10.29259/jmbs.v17i1.9030

Andriansyah, B. (2019). PENGARUH PROMOSI DAN LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN NASABAH KREDIT USAHA MIKRO DI PT. BANK MANDIRI (PERSERO) TBK. CABANG TUGUMULYO MUSI RAWAS. 24(2), 12.

Bramantyo, A. (2017). PENGARUH KUALITAS LAYANAN, PROSEDUR KREDIT, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN KREDIT UMKM. Jurnal Profita Edisi 5, 15.

Jaiz, M. (2017). Dasar-Dasar Periklanan. Graha Ilmu.

Machmud, A., & Rukmana. (2010). Bank Syari’ah Teori, Kebijakan dan studi Empiris Di Indonesia. Erlangga.

Sigit, K. N., Rizal, M. S., & Hidayati, A. (2020). PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS NASABAH. 7(1), 9.

Siregar, B. G. (2016a). PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PRODUK GIRO WADI’AH DI PT. BANK SUMUT CABANG SYARIAH PADANGSIDIMPUAN. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 2(2), 17. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.508

Siregar, B. G. (2016b). PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI USAHA TERHADAP PENINGKATAN JUMLAH NASABAH PRODUK GIRO WADI’AH DI PT. BANK SUMUT CABANG SYARIAH PADANGSIDIMPUAN. TAZKIR: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial dan Keislaman, 2(2), 17. https://doi.org/10.24952/tazkir.v2i2.508


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
         
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.