PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KUALITAS SDM, BUDAYA ORGANISASI DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PENERAPAN ANGGARAN BERBASIS KINERJA (Study Empiris di Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung)

MARISTIANA AYU

Abstract


Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini ditemukannya pada sebagian satuan kerja belum menerapkan anggaran berbasis kinerja dan kurang pahamnya tim penyusun anggaran, sehingga masih ada mata anggaran dalam penerimaan yang tidak ada pos pengeluarannya secara jelas. Dalam pelaksanaannya, penggunaan anggaran dan pengalihan dana anggaran tidak sesuai dengan mata anggaran yang telah ditetapkan. Pada akhirnya, penggunaan dana dan biaya anggaran tidak efektif dan tidak efisien. Tujuan dari penelitian ini untuk menguji pengaruh gaya kepemimpinan, kualitas sdm, budaya organisasi, dan komitmen organisasi terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja khususnya pada Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Manfaat dari penelitian ini diharapkan menjadi dasar dan referensi bagi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai dalam mengambil suatu kebijakan dan keputusan dalam penerapan sistem pengelolaan keuangan khususnya dalam pelaksanaan penyusunan anggaran berbasis kinerja. Hipotesis dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan, kualitas sdm, budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh koefisien nilai determinasi R2 (R square) sebesar 0,410 atau secara statistik 41 % variabel gaya kepemimpinan, kualitas sdm, budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh terhadap anggaran berbasis kinerja. Sedangkan 51% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas sdm dan budaya organisasi berpengaruh terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja, sedangkan gaya kepemimpinan dan komitmen organisasi tidak berpengaruh terhadap penerapan anggaran berbasis kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan anggaran berbasis kinerja pada Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai belum optimal dilaksanakan.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Syafaruddin. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitip. Yogyakarta. BPFE

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan, 2005, Pedoman Penyusunan Anggaran Berbasis Kinerja (Revisi). Jakarta

David. C. McClelland. 2008. Perilaku Organisasi. Terjemahan Vina Rahmawati. www.academia.edu

Diptyana, Deppie. 2007. Anggaran Berbasis Kinerja. Wordpress. Com.

Duvamindra,Ginanjar.Y. 2015. Pengaruh Partisipasi Anggaran Terhadap Kinerja Aparatur Pemerintah Daerah Dengan Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Moderating. Publicity.ums.ac.id. Surakarta.

Faridil, Afrasil. 2014.Pengaruh Kepemimpinan, Pelatihan Dan Kompetensi Aparatur Terhadap Implementasi Anggaran Berbasis Kinerja SKPD Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.ejournal.unp.ac.id

Fitri SM, Ludigdo U,dan Djamhari Ali. 2013.Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komitmen Organisasi,Kualitas SDM, Reward, dan Punishment Terhadap Anggaran Berbasis Kinerja (Studi Empirik Pada Pemerintah Kabupaten Lombok Barat). Jurnal Dinamika Akuntansi (JDA) Vol 5 No. 2 September 2013.pp 157-171. ISSN 2085-4277.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Giusti.Guido. 2013.Pengaruh Partisipiasi Anggaran Terhadap Senjangan Anggaran Dengan Budaya Organisasi sebagai Variabel Moderating (Study Empiris Pada SKPD Kabupaten Jember). Pustaka Unej.ac.id

Hansen, D.R. Mowen. M. 2000. Management Accounting. Terjemahan Dewi Fitriasari. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.

Haryadi. 2015. Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Sekolah (APBS) berbasis Kinerja. Jurnal Akuntansi Dan Pendidikan. Vol 4.No.1.

Izzaty, Nur Khairina. 2011. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kualitas Sumber Daya Manusia terhadap Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja Badan Layanan Umum. Skripsi Universitas Diponegoro.

Khikmah SN, Ranani MM,dan Farida. 2015.Pengaruh Gaya Kepemimpinan, kualitas SDM, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Terhadap Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja (Studi kasus di Universitas Muhammadiyah Magelang). www. Portal Garuda.

Mardiasmo, 2002, Akuntansi Sektor Publik, Penerbit Andi, Jakarta McFarlin.

Masud, Fuad. 2004.Survey Diagnosis Organisasi : Konsep & Aplikasi. Badan Penerbit UNDIP.

Robbins, Stephen P dan Timothy A. Judge. 2008. Perilaku Organisasi : Organizational Behaviour. Edisi 12. Jakarta : Salemba Empat. Buku 1 dan 2

Yandra, R dan Sutrisna, Endang. 2013. Penyusunan APBD Berbasis Kinerja. Jurnal Kebijakan Publik.Volume 4,Nomor 2.

Sabtari. 2015. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Efektifitas Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja (Studi Kasus Pada SKPD Pemerintah Kabupaten Grobogan). Diponegoro Journal Of Accounting. Vol 4. No 2. Http://ejournal-s1.Undip.ac.id

Saragih, Realita. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Kualitas Sumber Daya Manusia(SDM) Terhadap Penerapan Anggaran Berbasis Kinerja (Survei Pada Program Studi Di Universitas Pendidikan Indonesia). Repository.Upi.Central Library.

Sembiring, Benar Baik. 2009. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penyusunan Anggaran Pendapatan Dan Belanja Daerah Berbasis Kinerja (Studi Empiris Si Pemerintahan Kabupaten Karo). Tesis. Medan: Pascasarjana Universitas Sumatera Utara.

_____________,Sejarah berdirinya YP. Saburai. Tim penyusun Saburai.2013.

Tampubolon, Biatna Dulbert. 2007. Pengaruh gaya kepemimpinan dan etos kerja terhadap kinerja pegawai.

Thoha, Miftah. 2007. Kepemimpinan dalam Manajemen: Suatu Pendekatan Perilaku. edisi 1. Jakarta : Fisipol-Universitas Gadjah Mada.

Wahyulina. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Sistem Pengendalian Intern terhadap Anggaran Berbasis Kinerja Pada BLU Universitas Mataram. Jurnal Riset Akuntansi Mercubuana(JRAM).Vol.1 No. 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 EKOMBIS SAINS: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
         
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.