KEPEMIMPINAN DAN KEPUASAN KERJA SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKTIFITAS KARYAWAN UNIVERSITAS SANG BUMI RUWA JURAI BANDAR LAMPUNG

Meilinda Safitri

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap peningkatan produktifitas karyawan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah analisis kuantitatif, metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah  uji validitas dan uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji t (Uji Parsial), uji anova (Uji F) dan uji Koefisien Determinasi (R square).

Berdasarkan hasil penelitian dan berbagai hasil uji hipotesis yang penulis lakukan maka dapat penulis berikan kesimpulan sebagai berikut: (1) Hasil uji hipotesis secara parsial untuk variabel kepemimpinan diketahui bahwa untuk kepemimpinan sebesar 36.260 sedangkan  sebesar 1.674, jadi  36.260 1.674, sehingga dengan demikian  ditolak  diterima dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara kepemimpinan dengan produktifitas karyawan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung. (2) Hasil uji hipotesis secara parsial untuk variabel kepuasan kerja diketahui bahwa untuk kepuasan kerja sebesar 2.532 sedangkan  1.674, jadi  2.532 1.674, sehingga dengan demikian  ditolak  diterima dapat disimpulkan bahwa memang terdapat pengaruh signifikan antara kepuasan kerja dengan produktifitas karyawan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung. (3) Hasil uji hipotesis secara simultan untuk variabel kepemimpinan dan kepuasan kerja diketahui > nilai  3.15, maka keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa variabel kepemimpinan dan kepuasan kerja secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan serta dapat menjelaskan peningkatan produktifitas karyawan Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai Bandar Lampung oleh karena itu kedua variabel tersebut dapat digunakan untuk memprediksi variabel produktifitas karyawan.


Keywords


Kepemimpinan, Kepuasan Kerja dan Produktifitas Karyawan



DOI: http://dx.doi.org/10.24967/esjekb.v3i1.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

Creative Commons License

All publications by EKOMBIS SAINS [p-ISSN: 2527-4198, e-ISSN: 2527-4198] are licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.