STRATEGI PEMASARAN KOPI ROBUSTA BERDASARKAN ANALISA SWOT PADA PT. BENTENG WIJAYA PERKASA

Benny Prakarsa Yustianto, Andala Rama Putra Barusman, Tina Miniawati Barusman

Abstrak


PT. Benteng Wijaya adalah salah satu pengekspor kopi, sebagai sister company dari CV. Hasil Karya Wijaya, distributor gula besar di Indonesia. PT. Benteng Wijaya telah memulai bisnis ekspor kopi sejak 2014. Sebagai pemain baru dalam bisnis kopi, perusahaan menemukan persaingan yang sangat ketat baik dalam perdagangan lokal dan asing, oleh karena itu PT. Benteng membutuhkan strategi pemasaran   untuk meningkatkan volume   penjualan   dan   bersaing   dengan perusahaan  domestik serta  perusahaan  multinasional  dengan  produksi  kopi terbatas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang akan diterapkan oleh perusahaan. Oleh karena itu PT. Benteng Wijaya harus mencari kekuatan dan kelemahan, peluang dan faktor ancaman perusahaan, eksternal  dan  internal,   dan  untuk  menganalisis  strategi yang  tepat   untuk diterapkan  oleh  PT  Benteng  Wijaya.  Jenis penelitian  ini  adalah  penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis SWOT. Metode yang digunakan adalah menggunakan matriks IFAS-EFAS, Exterenal dan Internal dan SWOT untuk menemukan 4 set strategi pembangunan alternatif. Penelitian menemukan modal yang  kuat, sumber  daya  manusia  yang  baik  dan  produksi  sebagai  kekuatan terbesar, kurang efisien dalam biaya sebagai kelemahan utama, pasar bebas dan tuntutan lokal yang lebih kuat sebagai peluang utama dan kopi impor, persaingan yang kuat dari perusahaan asing dan peraturan lokal sebagai ancaman terbesar bagi bisnis perusahaan. Hasil akhir menunjukkan bahwa perusahaan telah memposisikan dalam kondisi pertumbuhan dimana ia harus memusatkan diri dengan strategi ganda dari implementasi intregration vertikal. Perusahaan perlu memperluas perdagangan dari ekspor ke impor dan perdagangan lokal.


Kata kunci


Kata kunci: Strategi Pemasaran, Volume Penjualan, Perdagangan, Eksportir, Kopi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alma, Buchari, 2007. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Yogyakarta : Andi

Churchill, Gilbert A. 2005. Dasar-Dasar Riset Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Andrianto, S.E., Dr. Dwi Kartini Yahya S.E. M.M., Emil Salim S.E. Edisi keempat. Jilid 1.Jakarta : Erlangga

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian danAplikasinya. Jakarta : Ghalia Indonesia

Hill T dan Westbrook R, 1997. SWOT Analysis : It’s Time for a Product Recall, Long Range Planning

Kangas J. Kurtilla M, Kajanus M. dan Kangas A. 2004, Evaluating the Management Strategies and a forestland State – the SOS Approach. Journal of Environmental Management

Karppi L, Kokkonen M. dan Lahteenmaki-Smith K., 2001. SWOT-Analysis as a Basis for Regional Strategies. Working Paper, 2001. Nordregio Nordic Center for Spatial Development, Stockholm, Sweden

Keegan, Warren J. 2011. Strategi Pemasaran Global – Edisi ke 6. Jakarta : Indeks

Kristianto, Jajat. 2011. Manajemen Pemasaran Internasional : Sebuah Pendekatan Strategi. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran, MM. Edisi 12 Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Kotler Philip. 2012. Manajemen di Indonesia (Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian), terjemahan A.B Susanto, Jakarta : Salemba Empat

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009.Manajemen Pemasaran. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran, MM. Edisi 13 Jilid I. Jakarta : Erlangga.

Moelong, Lexy J. 2005. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya

Narbuko, Cholid dan Abu Achmadi. 1997. Metodologi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara

Rangkuti, Freddy, 2015. Teknik Membedah Kasus Bisnis : Analisis SWOT. Jakarta : PT. Gramedia

Rangkuti, Freddy, 2015. Personal SWOT Analysis. Jakarta : PT. Gramedia

Sastradipoera, Komarrudin. 2003. Manajemen Marketing (Sesuatu Pendekatan Rumusan Maketing). Bandung : Kappa-sigma

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : CV. Alfabeta

HB Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: UNS Press

Tjiptono, Fandy, 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Andi Offset

Urban, Glen L dan Start, Steven H., 1991, Advanced Marketing Strategic. New Jersey : Prentice Hall International Inc.

Vonk G, Geertman S dan Schot P. 2007, A SWOT Analysis of Planning Support Systems. Environment and Planning A39, 1699-1714

Wheelen, Thomas L dan J. David Hunger, 2012. Pearson International Edition Strategic Management and Business Policy. United States of America : Pearson

Weihrich H, 1989. The TOWS Matrix – A Tool for Situational Analysis. Long

Range Planning 15, 54-66

Drajat , Bambang, Agustian, Adang dan Supriatna, Ade. 2007. Ekspor dan Daya Saing Kopi Biji Indonesia di Pasar Internasional : Implikasi Strategis bagi Pengembangan Kopi Biji Organik. Bogor : Balai Besar Pengkajian Teknologi Pertanian.

Fitriyah, InayahIchwanda, Arifin, Zainul dan Yulianto Edy. 2015. Analisis Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan Ekspor (Studipada PT. Petrokimia Gresik. Malang) : Universitas Brawijaya Malang

Khan, Tahsina. 2013. STP : Strategy for New Product Launch-a Work in Progress, Bangladesh : International Journal of Business and Management Invention

Hermanto. 2016. Analisis SWOT Obat Batuk Prospan pada PT. Soho Global

Health, Jakarta : Jurnal Metris Universitas Indraprasta PGRI

Yuniartya, Lidia, 2017. GAEKI :Potensi Ekspor Kopi Indonesia Masih Cukup Besar. http://industri.kontan.co.id/news/gaeki-potensi-ekspor-kopi-indonesia- masih-besar(diakses tanggal 15 November 2017)

Surya, 2017. GAEKI : Gabungan Eksportir Kopi Tolak Penerapan Kembali PPN 10%. http://surabaya.tribunnews.com/2017/08/04/gabungan-eksportir-kopi-tolak- penerapan-kembali-ppn-10-persen-pada-petani-kopi?page=2(diakses tanggal 24 Februari 2018)

GAEKI, 2007 http://gaeki.or.id/produk-petani-dikenai-ppn-10/ (diakses tanggal 24 Februari 2018

Sinaro, Sfaynizal Datuk, 2014 . AEKI Tolak PPN Biji Kopi http://www.sinarharapan.co/news/read/140815036/aeki-tolak-ppn-biji-kopi-span- span- (diakses tanggal 24 Februari 2018)




DOI: http://dx.doi.org/10.24967/ebs.v3i2.396

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.