PENGARUH INFLASI TERHADAP PERTUMBUHAN EKONOMI PROVINSI LAMPUNG

Husna Purnama, Ani Pujiati

Abstrak


Inflasi menyebabkan menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Dimana inflasi hanya terjadi jika kenaikan harga yang berlangsung secara terus menerus dan saling mempengaruhi.  Penelitian mengenai pengaruh inflasi terhadap pertumbuhan ekonomi telah banyak dilakukan, namun penelitian ini tetap penting karena pertumbuhan ekonomi memiliki dampaknya yang luas bagi masyarakat dan  negara.  Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.  Penelitian ini menggunakan data sekunder. Data sekunder yang digunakan berupa time   series tahunan selama periode tahun1998 –2017, yaitu data tingkat inflasi dan pertumbuhan ekonomi sebanyak 20 sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.  Berdasarkan hasil analisis dan pengujian data yang dilakukan secara statistik, dapat diperoleh kesimpulan bahwa inflasi berpengaruh terhadap pertumbuhan ekonomi di Lampung dengan pengaruh sebesar 54,8%.


Kata kunci


Inflasi, Pertumbuhan Ekonomi, Regresi Linier

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta: 2010.

Gujarati, N Damodar. 2007. Dasar-dasar Ekonometrika. Edisi ketiga. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Hartini,Dwi dan Utomo, Yuni Pribadi, Analisa Pengaruh Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia dengan Metode Final Prediction Error: Jurnal Ekonomi Pembangunan. Vol.5 No.1., Juni 2004. , hal. 42-49.

I Made Wirartha, Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi, Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

Indriyani,Siwi Nur, Analisis Pengaruh Inflasi dan suku Bunga Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia, Kampus UNKRIS, Jatiwaringin Jakarta Timur: Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana. ISSN : 2338 - 4794 .Vol. 4. No. 2 Mei 2016.

Latan Hengky, Aplikasi Analisis Data Statistik untuk Ilmu Sosial Sains dengan STATA, Jakarta:PT.Alfa Beta, 2015.

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan Cet. Ke 8., Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Pusat Pengkajian dan Pengembangan Ekonomi Islam (P3EI) UII. Ekonomi Islam, Jakarta : PT.Rajagrafindo Persada, 2008.

Septiantin dkk., Pengaruh Inflasi Dan Tingkat Pengangguran Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Indonesia ,I-Economic ,Vol. 2. No.1 Juli 2016 .

Sukirno, Sadono, Makroekonomi Teori Pengantar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2015.

Uma Sekaran, Research Methods For Business : Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Buku 2, Edisi 4, (Jakarta, Salemba Empat: 2006)

www. Lampung.bps.go.id




DOI: http://dx.doi.org/10.24967/ebs.v3i2.401

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.