PENGARUH KEMAMPUAN DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI DI SEKRETARIAT PENGGERAK PKK KOTA BANDAR LAMPUNG

Trisnowati Josiah, Novalia Novalia

Abstrak


Setiap organisasi mengharapkan suatu keberhasilan, salah satu faktor utama keberhasilan suatu organisasi adalah sumber daya manusianya.  Sumber daya manusia (SDM) yang baik adalah yang memiliki kemampuan dan ketrampilan kerja yang baik.  Penciptaan SDM yang berkualitas membutuhkan dorongan yang kuat dari seorang pemimpin.  Dorongan tersebut dapat berupa pemberian motivasi yang bertujuan meningkatkan kinerja pegawai.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kemampuan dan motivasi terhadap kinerja pegawai di sekretariat penggerak PKK Kota Bandar Lampung.  Penelitian ini merupakan penelitian explanatory.  Penelitian dilakukan di sekretariat penggerak PKK Kota Bandar Lampung dari bulan juni hingga agustus 2019.  Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh pegawai di sekretariat penggerak PKK Kota Bndar Lampung yang berjumlah 100 orang.  Variabel dalam penelitian ini ada 3 (tiga) yaitu kemampuan (X1), motivasi (X2) dan kinerja pegawai (Y)  Ketiga variabel diukur menggunakan kuesioner dengan skala likert 1 sampai dengan 4.  Setelah dilakukan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpengaruh terhadap kinerja pegawai di sekretariat Penggerak PKK Kota Bandar Lampung dan Motivasi berpengaruh terhadap kinerja pegawai di sekretariat Penggerak PKK Kota Bandar Lampung.


Kata kunci


kemampuan, motivasi, kinerja, PLS.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, Nenny. 2015. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung.

Hair, J.F. Ringle, C.M & Sarstedt, M. 2011. PLS-SEM. Journal of Marketing Theory and Practice, Vol. 19, No. 2, pp. 139-151.

Hidayat, Alan dan Siagian, Hotlan. 2017. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan Pada C.V. Sinar Agung. Jurnal AgORA Vol. 5 No. 3.

Jaya, Indra. 2012. Pengaruh Kemampuan dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pensisikan Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jurnal Penelitian Universitas Jambi Seri Humaniora Vol 14 No. 1.

Mangkunegara, A.P. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. P.T. Remaja Rosda karya.

Sarworini, F. 2007. Hubungan Kemampuan dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan, Tenaga Kerja Dan Transimigrasi Kabupaten Karang Anyar. Jurnal Manajemen.




DOI: http://dx.doi.org/10.24967/ebs.v4i2.471

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Hak Cipta (c) 2020 EKONOMI KEUANGAN DAN BISNIS

Creative Commons License
Karya ini berada di bawah lisensi Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.