Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap pada RS. Bahagia Makassar

Roy Rocky Suprapto Baan

Abstract


Tujuan dari peneliti adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap pada RS Bahagia.  Dimensi kualitas pelayanan yaitu: Tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty dalam meningkatkan kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan metode analisis menunjukkan yaitu metode analisis  dengan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Dimensi kualitas pelayanan (tangible, responsiveness, assurance dan emphaty) berpengaruh terhadap peningkatan pasien pada RS. RS. Bahagia Makassar. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis koefisien regresi dan kolerasi, 2) Berdasarkan hasil analisis mengenai faktor-faktor yang lebih dominan dalam mempengaruhi kepuasan pasien maka dimensi kualitas pelayanan assurance yang dominan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien karena memberikan jaminan yang memuaskan dari bidan RS. Bahagia Makassar.


Keywords


pelayanan, kepuasan pasien,

Full Text:

PDF

References


Agustinawati. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Membeli Shampo Dove Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Visioner & Strategis.

Anik Tri Palupi, S., Triyaningsih, & Sunarso. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rs. Panti Waluyo Surakarta. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Arie Sulistyawati, N., & Seminari, N. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(8), 250437.

Karla, E., & Ekonomi, F. (2015). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Matahari Department Store Kramat Jati.UG Jurnal Vol 9 No. 09 9), 2–4.

Kriswandari, S. (2015). Konsumen Jasa Pendidikan Pada Stie Lampung The Factors That Influenced Consumer Satisfaction. Jurnal Managemen dan Bisnis Vol 2. No 1 Of. 1–15.

Listiyono, R. A. (2015). Studi Deskriptif Tentang Kuaitas Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Dr . Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto Pasca Menjadi Rumah Sakit Tipe B.Jurnal Kebijakan dan Manageman Vol. 1 No.1, 1–7.

Lubis, A. S., & Andayani, N. R. (2017_. Pengaruh Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt . Sucofindo.Jurnal of Busines Administration 1(2).

Marthalena, Y., & Nuryanto, M. (2017). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit Umum Kartini Kecamatan Kalirejo Kabupaten Lampung Tengah Tahun 2015. Ekombis Sains Jurnal Ekonomi Keuanga Dan Bisnis Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, 02(02), 151–168.

Masitoh, M. R., Wibowo, H. A., & Ikhsan, K. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Kepuasan Pelanggan , Dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Aplikasi Mobile Shopee. Jurnal Sains Manajemen, 5(1), 101–119.

Permana, A. (2016). Pengertian Rumah Sakit. Repository.Unisba.Ac.Id, 17–50.

Radito, T. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas. Jurnal Ilmu Manajemen, 11(2), 1–25. Https://Doi.Org/10.21831/Jim.V11i2.11753

Sriatmi, A., Suryawati, C., & Hidayati, A. (2014). Analisis Hubungan Karakteristik Pasien Dengan Kepuasan Pelayanan Rawat Jalan Semarang Eye Center (Sec) Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal).

Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Puskesmas Improving T He Health Services’ Quality By Implementation Of Patient Safety In Public Health Center. 6(2), 149–155. Https://Doi.Org/10.20473/Jaki.V6i2.2018.149-155

Wanrajib Azhari Manurung. (2015). Perancangan Rumah Sakit Umum Daerah (Rsud) Kelas C Non-Pendidikan Berbasis Low Cost Di Kota Tanjungbalai Tema : Low Energy. Rsud Berbasis Low Cost, Sistem Pada Rumah Sakit. 10–129.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i1.591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EKOMBIS SAINS: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
        
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.