Efektivitas Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan terhadap Pengembangan Usaha Mikro

Eka Travilta Oktaria, Desi Derina Yusda

Abstract


Usaha mikro memiliki peranan yang sangat vital di Indonesia saat ini terutama sebagai pendapatan asli daerah serta pendorong perekonomian di Indonesia. Sebagai salah satu alternative dalam pengembangan usaha mikro adalah dengan adanya penerapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pelaku usaha mikro dalam rangka mendukung pengembangan usaha mikro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan tanggung jawab sosial perusahaan terhadap pengembangan usaha mikro  Metode penelitian dalam penelitian ini adalah secara deskriptif kualitatif dimana hasil dari penelitian ini merupakan hasil dari fenomena yang terjadi disekitar kita dengan memperoleh data apa adanya. Analisis data menggunakan reduksi data, display data dan kesimpulan Adapun hasil dari penelitian ini adalah pendanaan yang dilakukan oleh persero dalam rangka memberikan pembiayaan CSR kepada usaha mikro sangat memberikan kesan positif dalam mengurangi permsalahan pembiayaan bagi usaha mikro pada khususnya. Sehingga dengan adanya pendanaan CSR ini maka usaha mikro dapat meningkatkan kembali kapasitas usaha yang semula hanya bersifat informal dapat menjadi formal.


Keywords


Efektivitas; Penerapan; Tanggung Jawab Sosial; Usaha Mikro.

Full Text:

PDF

References


Ananda,A.D&Susilowati,D.(2019).Pengembangan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Berbasis Industri Kreatif Di Kota Malang. Jurnal Ilmu Hukumrnal Ilmu Ekonomi, X(X), 120–142.

Anggraeni, F. D., Hardjanto, I., & Hayat, A.(2013). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. Jurnal Administrasi Publik (Jap), 1(6), 1286–1295.

Budiman, N. A.(2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. JRAM, Prodi Akutansi, Fakultas Ekonomi UMB Yogyakarta1(1). Https://Doi.Org/10.26486/Jramb.V1i1.9

Dr. Firdaus, S.H., M.(2016).Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Corporate Social Responsibility (Csr) Di Bidang Perkebunan Kelapa Sawit Pt. Tri Bakti Sarimas Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau. Jurnal JOM Iii, 1–15.

Fauziyah, H., & Fahrizi.(2019).Program Corporate Social Responsibility (Csr) Ptpn Vii, Lampung Sebagai Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Upaya Meninmgkatkan Pendapatan Usaha Industri Keripik Di Kota Bandar Lampung. Ekombis Sains Jurnal Ekonomi Keuanga Dan Bisnis Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, 1689–1699.

Hafannafiah, E.(2018). Efektivitas Penerapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Pt Bprs Madina Mandiri Sejahtera. Universitas Islam Indonesia

Kurniasari, N.D.(2015).Program Csr Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (Untuk Meningkatkan Produktivitas Usaha Mikro , Kecil Menengah Di Madura ). Jurnal Neo-Bis, 9(1), 98–109.

Oktaria, E. T. (2018). Pengembangan Umkm Dalam Pembiayaan Mikro Berbasis Koperasi Dalam Rangka Peningkatan Ekonomi Di Indonesia. Jurnal Ekombis Sains, 3(9), 35 43. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Sadewo, H. S. Anrinawati Dan F. S. (2019). Pengembangan Model Kemitraan Umkm Dengan Mitra Dengan Usaha Skala Sedang Dan Besar Di Jawa Timur Melalui Cooperate Social Responsibility. Jurnal Inovasi Kementerieran Dalam Negeri, 3 No. 2.

Satari,S.(2019). Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (Umkm) Melalui Program Csr Pt Indocement (Studi Kasus Di Blok Kebon Gedang Desa Ciwaringin Kecamatan Ciwaringin Kabupaten Cirebon. Jurnal Empower, Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam.

Soegiastuti, J.(2012).Penerapan Strategi Corporate Social Responsibility (Csr) Untuk Memperkuat Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah (UMKM). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 25(1), 96–106.

Suparnyo, Wicaksono, A., & Wiwit, A. (2013). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Coomperate Social Respnsibility) Dan Implementasinya. Jurnal Sosial Dan Budaya,Vol 6, No.1

Tresnati, R.(2014).Kajian Tentang Penerapan Corporate Social Responsibility (Csr) Oleh Ukm (Usaha Kecil Dan Menengah) Di Indonesia & Aplikasinya. Jurnal Manajemen Dan Bisnis (Performa)Vol.XI No. 1.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i1.601

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EKOMBIS SAINS: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
        
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.