Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Debt to Equity Ratio dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Ninta Katharina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh tanggung jawab sosial perusahaan, rasio hutang terhadap ekuitas dan kebijakan profitabilitas terhadap nilai perusahaan baik secara simultan maupun sebagian terhadap perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2016-2018. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan semua populasi untuk menjadi sampel penelitian (sensus) yaitu 30 perusahaan dengan rentang waktu selama 4 tahun berturut-turut sehingga total pengamatan adalah 90. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif yang menekankan hubungan sebab akibat. Analisis data menggunakan model regresi berganda. Hasil tes ini membuktikan bahwa pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan, rasio hutang terhadap modal secara simultan dan profitabilitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan sebagian tanggung jawab sosial perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan sedangkan rasio hutang terhadap modal dan profitabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan.



Keywords


Disclosure of Corporate Social Responsibility, debt to equity ratio, Profitability and Corporate Value

Full Text:

PDF

References


Awuy, V. P. Et Al.(2016). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility ( Csr ) Terhadap Earnings Response Coefficient ( Erc ) ( Suatu Studi Empiris Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2013 ). Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 18(1), 15–26. Https://Doi.Org/10.9744/Jak.18.1.15-26

Budiman, N. A. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. 085228282256, 1(1). Https://Doi.Org/10.26486/Jramb.V1i1.9

Fasya, A.(2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Informasi Perpajakan, Akuntansi Dan Keuangan Publik, 13(2), 145–162.

Fauziyah, H., & Fahrizi.(2019). Program Corporate Social Responsibility (Csr) Ptpn Vii, Lampung Sebagai Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat Terhadap Upaya Meninmgkatkan Pendapatan Usaha Industri Keripik Di Kota Bandar Lampung. Ekombis Sains Jurnal Ekonomi Keuanga Dan Bisnis Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai, 1689–1699. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Febriana, E., Djumahir, & Djawahir, A. H. (2016). Kepemilikan Saham Manajerial Dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Pada 2011-2013). Jurnal Ekonomi Bisnis, 21(2), 163–178.

Pattisahusiwa, S., & Diyanti, F.(2017). Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Struktur Corporate Governance Dan Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomi Modernisasi, 13(1), 25. Https://Doi.Org/10.21067/Jem.V13i1.1763

Pradjnaparamitha, O. (2013). Pengaruh Total Hutang Dan Perputaran Persediaan Terhadap Laba Bersih. Journal Of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689–1699. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Suparnyo, Wicaksono, A., & Wiwit, A. (2013). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) Dan Implementasinya. Jurnal Sosial Dan Budaya, Vol 6, No.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i1.602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EKOMBIS SAINS: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
        
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.