Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Motivasi Kerja Pegawai Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung

Husna Purnama, Meilinda Safitri, Mira Agustina

Abstract


Lingkungan kerja yang tidak mendukung, beberapa sarana penunjang pekerjaan menghambat penyelesaian pekerjaan terlihat dari beberapa fasilitas ruangan kerja tidak berfungsi secara optimal kemudian dari segi kenyamanan kerja, hal tersebut menjadikan pegawai merasa tidak nyaman dan mengulur pekerjaan.Rendahnya Motivasi kerja pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan serta peraturan yang ditetapkan.Hal ini disebabkan oleh pengaruh Lingkungan Kerja yang masih belum optimal fungsinya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh lingkungan kerja terhadap motivasi kerja pegawai Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung.Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden pegawai Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi Provinsi Lampung adalah 87 orang Metode analisis yang digunakan adalah dengan metode regresi linier sederhana.Berdasarkan analisa kuantitatif diperoleh Uji Hipotesis parsial melalui uji f (test) di peroleh nilai fhitungantara Lingkungan Kerja (X)  dan Motivasi Kerja (Y) sebesar = 9,723 dan fhitung9,723 > 1,987. Persamaan regresi antara variabel Lingkungan Kerja (X) denganvariabel Motivasi Kerja (Y) adalah  Y = 10,604 + 0,453X, yang artinya setiap kenaikan satu point dari variabel Lingkungan Kerja akan diikuti oleh Variabel Motivasi Kerja sebesar 0,453 point. Kontribusi (R Square) sebesar 0,527 berarti Lingkungan Kerja berpengaruh terhadap Motivasi Kerja Pegawai sebesar 52,7%, sedangkan sisanya ditentukan oleh variabel lain.memberikan pengaruh dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini.


Keywords


Environment, Motivation, Regression, Work.

Full Text:

PDF

References


Amalia, S., Fakhri, M., Bisnis, A., & Telkom, U.(2016). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Gramedia Asri Media Cabang Emerald Bintaro. 10(2), 119–127.

Arikunto. (2012). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.

Fachreza, Musnadi, S., & Majid, M. S. A. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Dan Dampaknya Pada Kinerja Bank Aceh Syariah Di Kota Banda Aceh. Jurnal Magister Manajemen.

Josephine, A., & Harjanti, D. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Bagian Produksi Melalui Motivasi Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada Pt. Trio Corporate Plastic (Tricopla). Jurnal Agora.

Josiah, T., Novalia, & Wuandari, A. U. (2019). Pengaruh Kemampuan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Di Sekretariat Penggerak Pkk Kota Bandar Lampung. Jurnal Ekonomi, Keuangan Dan Bisnis, 4(No 2), 9 15.

Lestari, L. (2016). Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta 2016. Skripsi. File:///D:/Ms Word/Research Methode/Simamora (2004346) - 2016 - Pengaruh Pelatihan Dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan Program Studi Manajemen Jurusan Manajemen Fakultas.Pdf

Praci, R. M.(2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Daima Padang. Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Hotel Daima Padang.

Prakoso, R. D. (2014). Dan Kinerja Karyawan ( Studi Pada Karyawan Pt . Axa Financial Indonesia Cabang Malang ). 14(2), 1–10.

Pramesti, M. W. (2017). Motivasi : Pengertian, Proses Dan Arti Penting Dalam Organisasi. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sultan Fatah Demak.

Rahmawanti, N. P.(2014). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan( Studi Pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara ). Jurnal Administrasi Bisnis 8(2), 1–9.

Rianto, A. (2018). Analisis Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Dan Kepuasan Kerja Serta Dampaknya Pada Kinerja Aparatur Sipil Negara Pada Kecamatan Sukorejo Kota Blitar. Jurnal Ilmu Manajemen.

Sedarmayanti. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia. Refika.

Setiawan, K. C. (2015). Art-05-Fig3. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Level Pelaksana Di Divisi Oramesti, M. W. 2017. Motivasi : Pengertian, Proses dan Arti Penting dalam Organisasi. Jurnal Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Sultan Fatah Demak.

Sidanti, H. (2015). Pengaruh Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Di Sekretariat Dprd Kabupaten Madiun. Jurnal Jibeka.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suratman Hadi. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Pada Karyawan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Malang Utara). Parameter. Https://Doi.Org/10.37751/Parameter.V4i2.41

Yoeyong. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Sma Muhammadiyah Di Kabupaten Kebumen. Jurnal Madrasah3, 169–181.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i1.650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 EKOMBIS SAINS: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
        
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.