Analisis Preferensi Konsumen Wanita Terhadap Green Packaging Cosmetics Pada Produk Bedak

Novia Indah Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui preferensi dari konsumen terhadap kemasan ramah lingkungan pada produk kosmetik khususnya produk bedak pada perusahaan green cosmetics di Indonesia. Sampel yang digunakan penelitian ini berjumlah 100 sampel yang merupakan konsumen wanita yang menggunakan produk green cosmetics yang berada di Porvinsi banten dengan menggunakan teknik nonprobability sampling. Penelitian ini menggunakan conjoint analysis untuk mencari preferensi yang paling diinginkan oleh konsumen terhadap kemasan green cosmetic pada produk bedak dengan menggunakan 4 atribut kemasan yaitu : warna dan gambar, bentuk kemasan,  informasi produk, dan teknologi kemasan. Berdasarkan hasil conjoint analysis dapat diketahui bahwa konsumen wanita di Provinsi Banten menginginkan kemasan green cosmetic pada produk bedak yang memiliki warna dan gambar dengan desain klasik, bentuk kemasan lurus (straight), informasi pada produk dijelaskan secara rinci dan menampilkan teknologi pada kemasan itu sendiri. Selain itu, seluruh konsumen wanita menjadikan atribut teknologi kemasan sebagai preferensi utama dalam memilih kemasan green cosmetic pada produk bedak dengan nilai kepentingan relatif sebesar 29.5%.


Keywords


Preferensi Konsumen Wanita, Kemasan, Kosmetik Ramah Lingkungan, Conjoint Analysis.

Full Text:

PDF

References


Barel. A.O., Paye, M., dan Howard I.M., 2009. Handbook of Cosmetic Science and Tecnology. Edisi ketiga. New York: Informa Healthcare, 473, 514, 774-775.

Frank, R. H. (2011). Microeconomics and Behavior, 8th edition. New York: McGraw Hill International.

Furlow, N.E., & Knott, C. (2009). “Who’s Reading The Label? Millennials’ Use of Environmental Product Labels”. Journal of Applied Business and Economics, 10(3), pp.1-13.

Gabriel, J. (2008). The Green Beauty Guide. Florida: Health Communications Incorporated.

Grewal, D., & Levy, M. (2010). Marketing. New York: McGraw Hill International.

Hair Jr, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson R.E. (2010). Multivariate Data Analysis, 7th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hussain, M. A., Khokhar, M. F., & Asad, A. (2014). Green Awareness Effects on Consumers' Purchasing Decision: A Case of Pakistan. Global Journal of Manajegement and Business Research.

Johri, L. M., & Sahasakmontri, K. (1998). Green Marketing of Cosmetics and Toiletries in Thailand. The Journal of Consumer Marketing, 265-281.

Joshi, Y., Rahman, Z. (2015). Factors Affecting Green Purchase Behaviour and Future Research Directions. INTERNATIONAL STRATEGIC MANAGEMENT REVIEW 3 (2015) 128–143

Keegan, W.J, & Green, M.C. (2012). Global Marketing, 7th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kementrian Lingkungan Hidup. (2016, April 19). Info Pencantuman Logo Ekolabel Sesuai Permen LH No. 02 Tahun 2014. Diambil kembali dari Kementrian Lingkungan Hidup: www.menlh.go.id/pencantuman-logo-ekolabel-sesuaipermen-022014/

Kim, S., & Seock, Y. (2009). “Impacts Of Health and Environmental Consciousness on Young Female Consumers Attitude Towards and Purchase of Natural Beauty Products”. International Journal of Consumer Studies, 33(6), pp. 627-638.

Klimchuk, M.R., & Krasovec, S.A. (2007). Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2012). Principles of Marketing, 14th edition. England: Pearson Education, Inc.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management, 14th edition. England: Pearson Education, Inc.

Leslie, H.A. (2015). Plastics in Cosmetics. Global Programme of Action for the Protection of the Marine Environment from Land-based Activities, Marine Ecosystems Branch, Division of Environmental Policy Implementation, Kenya.

Lestari, Novia Indah. (2020). Pengaruh Green Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Ramah Lingkungan Konsumen Generasi Y. Jurnal Ekonomi Vokasi, Vol 3 No. 1, ISSN 2622-4240.

Mostafa, M.M. (2007). “Gender Differences in Egyptian Consumers’ Green Purchase Behavior: The Effects of Environmental Knowledge, Concern and Attitude”, International Journal of Consumer Studies, 31(3), pp. 220-229.

Mullins, J.W., & Walker, O.C. (2013). Marketing Management : A Strategic Decision-Making Appoach, 8th edition, New York: The McGraw-Hill

Natadjaja, L. (2007). “Analisa Elemen Grafis Desain Kemasan Indomie Goreng”. Jurnal NIRMANA, 24(9), pp: 20-30.

Octama. (2013). Pasar Kosmetik Nasional Naik 15% di 2014.

Polonsky, M. J. (2011). “Transformative Green Marketing : Impediments and Opportunities”, Journal of Business Research, 64(12), pp: 1311-1319.

Rettie, R. & Brewer, C. (2000). “The Verbal and Visual Components of Package Design”. Journal of Product and Brand Management, 9(1), pp. 56-70.

Riduwan. (2010). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business, 6th edition. West Sussex: John Wiley & Sons.

Semenzato, A.; Costantini, A.; Meloni, M.; Maramaldi, G.; Meneghin, M.; Baratto, G. Formulating O/W Emulsions with Plant-Based Actives: A Stability Challenge for an Effective Product. Cosmetics 2015, 5, 59.

Shaputra, R. S. (2013). “Penerapan Green Marketing pada Bisnis Produk Kosmetik”, Jurnal JIBEKA, 7(3), pp. 47-53.

Silayoi, P. & Speece, M. (2007). “The Importance of Packaging Atributes: A Conjoint Analysis Approach”. European Journal of Marketing, 41(11/12), pp. 1495-1517.

Singhal, et.al, (2019). The impact of Consumer Value Positioning on Female Consumer Related to Green Cosmetic Products. IJEEFUS, Vol 9, Issue No. 2, 68-76.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan : Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Yogyakarta: ANDI.

Suki, N. M. (2013). Green Awareness Efects On Consumers' Purchasing Decision: Some Insights From Malaysia. IJAPS, Vol 9,No. 2.

Supriyono, R. (2010). Desain Komunikasi Visual: Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: ANDI.

Weisstein, F. L., Asgari, M., & Siew, S. W. (2014). Price strategy & practice: Price Presentation Effects on Green Purchase Intentions. Journal of Product and

Brand Management, 230-239.

Wibowo, B. (2002).Green Consumerism dan Green Marketing : Perkembangan Perilaku Konsumen dan Pendekatan Pemasaran. Usahawan, No.06/ th.XXXI/ Juni, pp.12-15.

Widiyaningrum, Diah Lestari. (2014). The Importance of Take-Out Food Packaging Attributes: Conjoint Analysis and Quality Function Deployment Approach. EPJ Conferences 68, 00036, DOI: 10.1051/epjcof/2014 6800036

Willis, Sarah. (2012). Package Design vs. Customer Reviews: A Comparative Study on Influences in Fragrance Buying Decisions. Graphic Communication Department, College of Liberal Arts ;California Polytechnic State University

Wulandari, S.P. (2009). “Pengembangan Preferensi Dalam Pemilihan Konsep Produk Kosmetik Bedak Berbasis Analisis Konjoin”. Jurnal Forum Statistika dan Komputasi, 14(1), pp : 1-10

Valentya, Febi, et.al. (2014). Packaging as an Attractive Language to StimulateConsumer Preference on Perfume:ASurvey on Young Adult Respondents in the Area of Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) Indonesia. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 4, Issue 1, January 2014 1 ISSN 2250-3153

Zikmund, W.G., Babin, B.J., Carr, J.C., & Griffin, M. (2010). Business Research Methods, 8th edition. South Western: Cengage Learning.




DOI: https://doi.org/10.24967/ekombis.v5i2.736

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
        
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.