Pengaruh Tingkat Pemahaman Dan Pertimbangan Pasar Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Potensi Utama Dalam Mempengaruhi Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik

Ratih Anggraini Siregar, Febby Yoana Siregar

Abstract


Akuntan berperan sebagai tulang punggung utama dalam profesi akuntansi. Untuk memperoleh gelar sebagai akuntan harus menempuh pendidikan di jurusan akuntansi pada suatu universitas serta lulus Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk). Salah satunya yaitu akuntan publik, akuntan publik merupakan para akuntan yang berprofesi sebagai auditor atau konsultan pada kantor akuntan publik atau jasa akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh tingkat pemahaman dan pertimbangan pasar kerja mahasiswa jurusan akuntansi Universitas Potensi Utama terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari jumlah responden Mahasiswa/I Universitas Potensi Utama sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan metode regresi linier berganda. Berdasarkan uji t pertimbangan pasar kerja (X1) berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik (Y) dengan nilai thitung (2,449) lebih besar daripada ttabel (1,661) dan pertimbangan pasar kerja (X2) berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik (Y) ) dengan nilai thitung (21,614) lebih besar daripada ttabel (1,661). Berdasarkan uji f pemahaman mahasiswa (X1) dan pertimbangan pasar kerja (X2)berpengaruh secara simultan terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik (Y) dengan nila fhitung 689,483 lebih besar dari ftabel 3,09 dengan besaran pengaruh 93,4% dan sisanya dipengaruhi variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Keywords


Tingkat Pemahaman, Pertimbangan Pasar Kerja, Pemilihan Karir

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
         
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.