PENGARUH PROMOSI TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN PADA PT. KARYA NIAGA DI BANDAR LAMPUNG

Nuzleha Nuzleha

Abstract


Objek penelitian ini adalah PT. Karya Niaga di Bandar Lampung merupakan perusahaan perdagangan lampu philips, dihadapkan pada masalah persaingan dalam pemasarannya dengan usaha sejenisnya. Oleh karena itu harus mendapatkan perhatian dan diberikan informasi atau promosi mengenai perkembangan produk harga maupun mutu dan pelayanannya, sehingga diharapkan efektivitas kerja karyawan yang tinggi dalam penjualan menjadi stabil bahkan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap efektivitas kerja karyawan pada PT. Karya Niaga di  Bandar Lampung. Pengambilan sampel menggunakan teknik sampel deret waktu (n = 10). Metode penelitian yang digunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis diperoleh persamaan bahwa : Y = -50,51  + 22,37 X, berarti r = + 1 atau mendekati + 1, mengartikan bahwa, apabila anggaran promosi dinaikan atau dikurangi 1%, maka nilai efektivitas kerja karyawan akan bertambah atau berkurang sebesar 22,37 % sedangkan bila anggran promosi tetap, maka nilai efektivitas kerja karyawan akan berkurang sebesar Rp. 50.510.000,-. Sehingga terbukti ada pengaruh promosi yang positif terhadap efektivitas kerja karyawan pada PT. Karya Niaga di Bandar Lampung.  Hasil pengujian menggunakan rumus t student, menunjukkan bahwa t hitung   19,85 > t tabel 2,828, berarti Ho ditolak dan Ha diterima.


Keywords


promosi, efektivitas kerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, 2011. Prosedur Penelitian. Penerbit Bina Aksara. Jakarta.

DH Basu Swastha, 2014. Manajemen Pemasaran. Mandar Maju. Bandung.

H. Muhammad Isa Indrawan, 2015. Pengaruh Promosi Jabatan dan Mutasi Terhadap Prestasi Kerja Pegawai PT. Bank Mandiri (Persero) Cabang Ahmad Yani Medan. Jurnal ilmiah “INTEGRITAS” Vol.1 No. 3 Oktober.

John Schemerhon, 2014. Manajemen Pemasaran. Penerbit Erlangga. Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia, 2015. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.

Kotler Philips, 2012. Manajemen Pemasaran. Penerbit. PT. Erlangga. Jakarta.

Prawiraatmaja Rahman,2014. Manajemen Pemasaran. BPFE - UGM.Yokyakarta.

Subagyo, 2011. Teori dan Aplikasi. Radja Grafindo Persada. Jakarta.

Sudjana, 2012. Teori dan Praktek Penelitian. Rineka Cipta. Jakarta

Supranto J, 2012. Metodologi Penelitian dan Riset. PT. Ghalia Indonesia. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

EKOMBIS SAINS INDEX:
 
         
 
  Creative Commons License
Ekombis Sains: Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Bisnis is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.