ANALISIS KOMPETENSI PEGAWAI DALAM PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR RODA DUA DI SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP KABUPATEN TANGGAMUS

Henni Kusumastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana kompetensi pegawai dalam pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua dan mengetahui pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Kabupaten Tanggamus. Metode penelitian menggunakan analisis kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis kualitatif didapatkan hasil penelitian bahwa kompetensi pegawai dalam memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua belum maksimal dikarenakan pengetahuan dan kemampuan pegawai yang masih kurang dilakukan seperti pegawai dalam memberikan informasi sangat minim, pegawai dalam memberikan  pelayanan  mengenai  berkas  dan  persyaratan  sangat  lambat dan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua kurang memadai dikarenakan tidak didukung fasilitas  yang  ada sehingga  pelayanan yang dirasakan masih kurang nyaman seperti kondisi ruang tunggu yang sempit, tempat parkir yang tidak ada atapnya serta kursi tunggu yang tidak terawat.

Kata Kunci: kompetensi,  pelayanan, pajak kendaraan bermotor

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.24967/fisip.v2i1.655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JISIP