TINJAUAN PENGARUH VARIASI BEBAN DAN PUTARAN TERHADAP KINERJA MESIN DIESEL 4 TAK 1 SILINDER DENGAN PEMANASAN DAN MEDAN MAGNET DI SALURAN BIODIESEL

MUHAMAD SIRAJUDIN

Abstract


Bahan bakar Bio menjadi salah satu sumber alternatif terbarukan untuk  mesin diesel dalam  mengatasi permasalahan  di bidang otomotif, karena ketersediaan bahan bakar fosil minyak bumi yang semakin menipis. Untuk pembakaran yang sempurna bahan bakar tersebut memerlukan perlakuan tertentu sebelum memasuki ruang bakar. Kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna dan menghasilkan kinerja  yang optimal pada mesin diesel khususnya dengan bahan  bakar bio telah banyak dilakukan, baik pada mesin diesel 4 tak satu silinder maupun pada mesin diesel 4 tak multi silinder, antara lain yaitu: pemanasan awal,  menyebabkan bahan bakar akan menjadi lebih reaktif untuk bereaksi dengan oksigen pada proses pembakaran sehingga proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Optimalisasi proses pembakaran dengan teknik medan elektro magnet, medan magnet di gunakan untuk menggetarkan (meresonansi) bahan bakar dan terjadilah ionisasi yang diperlukan agar bahan bakar dapat dengan mudah mengikat oksigen selama proses pembakaran, sehingga campuran bahan bakar dan oksigen dapat terbakar dengan sempurna. Dengan proses pembakaran yang sempurna, maka akan menghasilkan  prestasi  atau kinerja mesin diesel yang optimal. Mengintegrasikan kedua teknik optimalisasi proses pembakaran tersebut diatas dan memposisikan  kedua proses tersebut lebih mendekati ruang bakar tentu akan lebih meningkatkan prestasi atau kinerja pada mesin diesel dengan bahan bakar biodiesel.

Keywords : Biodiesel, heater, electromagnetic field, diesel engine performance.


Full Text:

PDF

References


Fajar, B., & Suryo, T. (2010). Perbandingan Pengaruh Temperatur Solar Dan Biodiesel Terhadap Performa Mesin Diesel Direct Injection Putaran Konstan. Prosiding SNST Fakultas Teknik, 1(1).

Hidayatulloh, S., & Suyatno, A. (2015). Pengaruh Medan Magnet Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Emisi Gas Buang Pada Motor Diesel Dengan Mengunakan Bahan Bakar Biodiesel. Widya Teknika, 23(1).

Janu Prasetyo, Gatut Rubiono, Bunawi (2017)

“Pengaruh Medan Magnet Terhadap Efisiensi Bahan Bakar dan Unjuk Kerja Mesin” Jurnal V-Mac, Vol 2 No 1: 13-17, 2017, ISSN 2528-0112 (online)

Rosyadi, I. (2014). Analisa Pengaruh Pemanasan Awal Bahan Bakar Solar terhadap Performa dan Konsumsi Bahan Bakar pada Mesin Motor Diesel Satu Silinder.

Sahbana, M. A., & Fuhaid, N. (2013). Pengaruh Pemanasan Awal dan Medan Elektromagnet pada Biodiesel terhadap Daya dan Kepekatan Gas Buang pada Motor Diesel 4 Tak 4 Silinder. PROTON, 5(1).

Suwarsono, WP., Gani, I.Y, dan Kusyanto, 2008, “ Sintesis Biodiesel dari Minyak Biji Ketapang yang Berasal dari Pohon Ketapang Yang Tumbuh di Kampus UI Depok “, Valensi, vol.1, no.2, 44-52.

Sugiarto,B., Setiawan dan Suryantoro, (2005), Studi Emisi dan Heat Release Biodiesel Minyak Sawit Dan Minyak Jarak Pada Mesin Diesel Indirect Injection , Jurnal Teknologi , Vol. 2, PP.101-107

Pulkrabek, w.w (1997).Engineering Fundamentals oF the international combustion engine (No.621.43 P8).




DOI: http://dx.doi.org/10.24967/shs.v2i2.306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.