TINJAUAN TERHADAP PRODUKSI BIODIESEL DARI MINYAK GORENG CURAH DENGAN METODE GELOMBANG ULTRASONIK DAN MICROWAVE

AGUS LUKMAN HAKIM

Abstract


Biodiesel adalah produk bahan bakar ramah lingkungan, yang dihasilkan dalam proses transesterifikasi yaitu reaksi antara metanol dan trigliserida, produk sampingan yang dihasilkan adalah gliserol. Keunggulan biodiesel dibandingkan bahan bakar fosil adalah tingkat emisi yang rendah, tidak beracun, terbarukan dan biodegradabel. Dengan metode konvensional, untuk menghasilkan biodiesel yang menggunakan biaya pengadukan listrik dan mekanik banyak biaya dengan tagihan listrik karena reaksi transesterifikasi membutuhkan waktu lebih dari satu jam untuk menyelesaikan reaksinya. Metode alternatif untuk memproduksi biodiesel dengan menghemat penggunaan sumber daya listrik dan waktu dengan gelombang ultrasonik,  gelombang mikro atau gabungan dari dua metode. Metode gelombang ultrasonik telah banyak digunakan dalam proses transesterifikasi pembuatan biodiesel yang meningkatkan perpindahan massa antara alkohol dan trigliserida. Penyinaran gelombang mikro adalah salah satu metode pemanasan yang digunakan untuk mengurangi waktu reaksi dan konsumsi listrik dibandingkan dengan pemanasan konvensional. Jika kedua metode digabungkan maka akan didapat hasil produk yang tinggi.

Keywords : biodiesel, transesterification reaction, ultrasonic, microwave irradiation


Full Text:

PDF

References


Arita, S dkk. (2013) “Pembuatan Biodiesel dari Minyak Kelapa Sawit dengan Katalis CaO Disinari dengan Gelombang Mikro” Jurnal Teknik Kimia No. 4, Vol 19.

Azzharuddin dkk (2016) “Analisa Pengaruh Persen Yield Biodiesel Berbahan Baku Minyak Jelantah Ditinjau Dari Waktu Reaksi dan Pengaruh Katalis NaOH dengan Pemanfaatan Gelombang Mikro dan Separasi Tegangan Tinggi” Jurnal Kinetika Politeknik Negeri Sriwijaya.

Ji J, Wang J, Li Y, Yu Y, Xu Z. 2006. Preparation of Biodiesel With the Help of Ultrasonic And Hydrodynamic Cavitation. Ultrasonics 44:411–414

Rhesa, P dkk (2012) “Pembuatan Biodiesel Secara Batch dengan Memanfaatkan Gelombang Mikro” Jurnal Teknik ITS Vol.1 No. 1

Wu P, Yang Y, Colucci JA, Grulke EA. 2007. Effect of Ultrasonication on Droplet Size in Biodiesel Mixtures. J Am Oil Chem Soc. 84:877-884.




DOI: http://dx.doi.org/10.24967/shs.v2i2.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.